ikut bergabung

Berkunjung ke Seko, Iqbal Suhaeb Disambut Ritual Massolo

MASSOLO. Pjs Bupati Luwu Utara, HM Iqbal Suhaeb disambut ritual massolo saat tiba di Kecamatan Seko, Luwu Utara. (Foto Humas Pemkab Lutra)

Culture

Berkunjung ke Seko, Iqbal Suhaeb Disambut Ritual Massolo

LUWU UTARA,UJUNGJARI.COM– Pejabat sementara (Pjs) Bupati Luwu Utara, Muhammad Iqbal Suhaeb, melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kecamatan Seko, Minggu (8/11/2020). Kunker Iqbal ke Seko dalam rangka kegiatan “Sehari Berkantor di Kecamatan”, dan kali ini Seko menjadi lokus kegiatan “Sehari Berkantor di Kecamatan”.

Iqbal tiba di Seko usai menempuh perjalanan darat sepanjang 126 km dari Masamba. Ia disambut dengan ritual adat Massolo di rumah jabatan Camat Seko. Massolo merupakan sebuah ritual adat penyambutan khas masyarakat Seko yang dipimpin Tobara (Pemangku Adat) kepada pejabat daerah yang baru saja menginjakkan kaki di tanah berjuluk Negeri Sejuta Lumbung. Massolo berarti penyambutan, dan pemberian ayam jantan putih sebagai simbol pemimpin yang diharap mampu terbang ke sana kemari mencarikan kehidupan buat masyarakatnya

Dalam prosesi penyambutan adat tersebut, Iqbal dihadiahi seekor ayam jantan berwarna putih, beras dan telur, sebagai persembahan masyarakat Seko kepada mantan Penjabat Wali Kota Makassar ini. Kunjungan Iqbal ke Seko adalah kunjungan yang pertama kalinya sejak dirinya menjabat sebagai Pjs Bupati Luwu Utara akhir September kemarin.

“Terima kasih atas penyambutannya. Ini bukan yang pertama saya ke Seko, tapi ini menjadi yang pertama dalam kapasitas saya sebagai Pjs Bupati Luwu Utara. Dan Seko selalu menjadi tempat yang selalu ingin dikunjungi saat berada di Luwu Utara,” kata Iqbal di hadapan warga Seko yang mengikuti prosesi penyambutan tersebut.

Iqbal mengatakan, Seko tak hanya indah karena pesona alamnya, tapi juga warganya yang ramah. “Seko bukan hanya alamnya yang memesona, tapi juga warganya yang ramah. Terima kasih,” ucap Iqbal.

Komentar Anda

Channel

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Culture

Populer Minggu ini

Arsip

To Top