ikut bergabung

Realisasi Dana Kelurahan Lambat, Andi Patiroi: Administrasi Yang Selalu Bolak Balik

Makassar

Realisasi Dana Kelurahan Lambat, Andi Patiroi: Administrasi Yang Selalu Bolak Balik

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Realisasi anggaran dana kelurahan kecamatan Birngkanaya kota Makassar tahun 2020 sangat lamban. Hingga pekan pertama November ini, serapan dana kelurahan Biringkanaya, baru mecapai 40 persen.

Proses administrasi termasuk laporan dari kelurahan ke Balaikota salah satu penyebabnya. Dimana berkas yang dikirim pihak kelurahan ke UPL Balaikota kerap bolak balik, dan beberapa keluarahan harus mengulang berkas yang diajukan karena dianggap salah dan tidak lengkap.

Demikian diungkapkan Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Biringkanaya, Andi Pariroi, SH, MH kepada media ini, Rabu (11/11/2020).

“Kemarin itu kami menggelar rapat koordinasi dan monev, kami kumpulkan semua lurah dan kepala seksi se kecamatan Biringkanaya untuk mendengar dan mengetahui progres dana kelurahan termasuk pelayanan publik di kelurahan,” ujar Andi Patiroi.

“Dalam acara monev itu dihadiri Kabag Pemerintahan, beliau sekaligus memberi pengarahaan terkait disiplin ASN dan pelayanan masyarakat di kelurahan,” kata Andi Patiroi.

Sekcam menjelaskan bahwa porsi dana kelurahan di setiap kelurahan sama, sekitar Rp400-an juta per kelurahan. Namun realisasinya hingga awal November ini masih sekitar 40 – 50 persen. “Tapi InsyAllah, akhir November ini sudah bisa rampung seratus persen,” ketusnya.

“Memang lambat, karena itu tadi, soal administrasi yang selalu bolak balik dari kelurahan ke Balaikota. Bahkan ada kelurahan sudah lima kali bolak balik berkasnya, karena dianggap salah dan belum lengkap,” pungkasnya.

Patiroi menambahkan, salah satu aitem penggunaan dana kelurahan adalah penanganan Covid-19 di tingkat kelurahan, seperti biaya operasional posko Covid, sosialisasi dan beberapa kegiatan kelurahan lainnya. (drw)

Komentar Anda

Channel

Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Makassar

Populer Minggu ini

Arsip

To Top