ikut bergabung

APIP Gowa Berada Pada Level Tiga 

RAKORWASDA. Penjabat sementara Bupati Gowa Andi Aslam Patonangi saat menghadiri Rakorwasda Pemprov Sulsel terkait APIP. (foto/ist)

Sulsel

APIP Gowa Berada Pada Level Tiga 

GOWA, UJUNGJARI.COM — Andi Aslam Patonangi berharap kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Kabupaten Gowa kedepan ini semakin meningkat. 

Hal ini disampaikannya Pjs Bupati Gowa ini saat menghadiri rapat koordinasi pengawasan daerah (Rakorwasda) Pemprov Sulawesi Selatan di Hotel Four Points by Sheraton Makassar, Kamis (12/11/2020) siang.

Dikatakan Aslam, APIP Gowa sudah ada pada level tiga. ” Tinggal bagaimana kemudian fokus APIP itu pada pemeriksaan berbasis risiko, kemudian penguasaan manajemen risiko sehingga makin perkuat di APIP kita,” kata Aslam.

Asisten Bidang Pemerintahan Setprov Sulawesi Selatan ini juga berharap kedepan APIP lebih diberdayakan untuk mengawal proses pemerintahan yang tentunya bekerjasama dengan semua komponen terkait dan stakeholder pengawasan. 

Pada kegiatan itu, Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah mengatakan, sebagai instansi pengawasan, peran APIP di pemerintahan sangat besar. Olehnya itu, Nurdin berharap APIP bisa bekerja dengan baik, profesional dan tidak mudah diintervensi.

” Profesional inilah bentuk dari penguatan APIP. Karena itu saya meminta teman-teman APIP untuk bekerja secara profesional dan tidak mudah diintervensi. APIP ini menjadi filter dan menjadi accounting yang tahu persis isi keuangan pemerintah daerah,” tandas Nurdin.

Sementara itu Plt Inspektur Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan Sri Wahyuni Nurdin mengatakan peran APIP, BPK dan KPK saling bersinergi agar tercipta komitmen bersama dalam mencapai tujuan serta pemahaman yang sama dalam upaya pencegahan korupsi. Sehingga pengawasan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah berjalan secara efesien, efektif dan sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan.

Kegiatan ini juga diikuti secara virtual oleh Pj Sekretaris Kabupaten Gowa Kamsinah yang juga adalah Inspektur Inspektorat Gowa.-

Komentar Anda

Channel

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top