ikut bergabung

BI Salut Gowa Telah Lakukan Pembayaran Pajak Sistem Digital

KUKUH. Suasana pengukuhan lTP2DD Kota/Kabupaten Provinsi Sulsel yang dihadiri sejumlah aparat terkait lingkup Pemkab Gowa. (foto/ist)

Ekonomi

BI Salut Gowa Telah Lakukan Pembayaran Pajak Sistem Digital

GOWA, UJUNGJARI.COM — Kemajuan zaman ini tidak bisa dipungkiri berkat kecanggihan teknologi yang telah merambah seluruh negara di dunia. 

Tak terkecuali di Indonesia atau Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan sebagai contoh kecil. Dimana Kabupaten Gowa ini sudah menjadi daerah kabupaten yang telah menerapkan transformasi digital. Bahkan saat ini Gowa merupakan satu dari lima kabupaten kota di Sulsel yang terpilih dalam penerapan tranformasi digitalisasi selain dari Makassar, Parepare, Barru dan Maros. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Selatan Bambang Kusmiarso pada pengukuhan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kota/Kabupaten Provinsi Sulawesi Selatan di Golden Lily Ballroom Four Points By Sheraton Hotel, Selasa (1/12/2020) mengatakan, ada lima pemerintahan kota kabupaten yang telah lama menerapkan digitalisasi melalui electronic trading platform (ETP) yakni Gowa, Maros, Makassar, Parepare dan Barru.

“Kita memilih lima daerah ini karena berhasil mengimplementasikan digitalisasi melalui ETP Qris sebagai alat pembayaran pajak daerah. Ini menunjukkan contoh pemanfaatan digital dalam melakukan proses pembayaran,” kata Bambang.

Dikatakan Bambang, pertumbuhan ekonomi Indonesia terbaik kedua setelah Thiongkok. Ini didukung dengan pertumbuhan ekonomi Sulsel yang selalu tercatat sebagai pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia.

” Pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami perbaikan cukup signifikan bahkan terbaik kedua setelah Thiongkok. Meskipun Sulsel jauh dari pusat namun kita tercatat salah satu daerah dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi Indonesia, seperti inflasi terjaga dan stabilitas harga mampu dikendalikan,” jelas Bambang. 

Baca Juga :   40 Rumah Terendam Banjir di Toraja, Plt Gubernur: BPBD Provinsi Sudah Salurkan Bantuan

Sementara itu Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah mengapresiasi langkah BI dalam pembentukan TP2DD di Sulsel. Menurut Nurdin, cara tersebut sangat baik dalam mendorong transformasi digital di daerah. 

” Kami mengapresiasi Bank Indonesia karena membuka mata kita semua dengan serba digital, semoga seluruh kabupaten/kota di Sulsel ini bisa melakukan transformasi digitalisasi,” kata gubernur.

Nurdin mengatakan capaian pertumbuhan ekonomi di Sulsel pada kuartal III tahun 2020 bergerak di atas delapan persen. Hal ini bisa terwujud karena kesadaran dan kerjasama dalam menerapkan protokol kesehatan namun tetap memikirkan sektor ekonomi.

” Ekonomi Sulsel bekerja lebih baik dengan protokol kesehatan yang juga cukup baik seperti pembayaran dan transaksi yang dilakukan dengan non tunai,” tambah Nurdin.

dibaca : 37

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Ekonomi


Populer Minggu ini

Arsip

To Top