ikut bergabung

Terpilih Jadi Sekjen Apkasi, Adnan Segera Agendakan Raker dengan Apeksi

Adnan Purichta Ichsan.

Nasional

Terpilih Jadi Sekjen Apkasi, Adnan Segera Agendakan Raker dengan Apeksi

JAKARTA, UJUNGJARI.COM — Tak disangka kiprah Adnan Purichta Ichsan di dunia penerintahan semakin terbuka lebar. Politisi muda yang kini menjabat sebagai Bupati Gowa ini pun namanya mulai merambah dunia pemerintahan tingkat nasional setelah dalam Munas Apkasi yang berlangsung Jumat (26/5/2021) di Hotel Kempinski Jakarta, Presiden RI Joko Widodo menetapkan Adnan sebagai salah satu pengurus inti Apkasi periode 2021-2026 dengan jabatan sebagai Sekretaris Jenderal Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Sekjen Apkasi).

Penunjukan Adnan sebagai Sekjen berdasarkan hasil musyawarah nasional (Munas) Apkasi yang dibuka langsung Presiden RI Joko Widodo.

Dalam hasil Munas Apkasi tersebut, terpilih sebagai ketua adalah Bupati Dharmasraya Sumatera Barat Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Bendahara Umum adalah Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah.

Adnan yang dikonfirmasi terkait terpilihnya dalam asosiasi kepala daerah se Indonesia itu mengatakan sangat bersyukur atas kepercayaan yang diberikan kepada dirinya untuk menjabat sebagai Sekjen Apkasi.

” Alhamdulillah dipercaya menjadi Sekjen Apkasi dan saya berterimakasih atas doa dan dukungan kita semua,” kata Adnan, dihubungi, Sabtu (29/5/2021) siang.

Adnan pun bertekad akan menjalankan amanah tersebut. Seperti dikutip dari website Apkasi disebutkan bahwa Apkasi memiliki tugas-tugas penting yang bertujuan meningkatkan peran otonomi daerah di tingkat kabupaten berjalan baik, para kepala daerah diminta memiliki semangat kuat dalam membangun daerahnya dan sebagai mitra strategis antara pemerintah pusat dengan pemerintah kabupaten.

Sesuai dasar pembentukannya pada tahun 2000, Apkasi memiliki tugas pokok sebagai penyedia advokasi, mediasi dan fasilitasi bagi pemerintah kabupaten dengan pemerintah pusat dan instansi lainnya sesuai hakekat otonomi daerah.

Selain itu, Apkasi mempunyai fungsi yaitu, mitra kritis dan strategis pemerintah dalam penyusunan kebijakan nasional tentang pemerintah daerah, fasilitator dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah kepada pemerintah, memfasilitasi kerjasama antar daerah dalam rangka peningkatan kapasitas dan pengembangan potensi ekonomi.

Kemudian memfasilitasi pertukaran ide, informasi dan pengalaman antar pemerintah daerah, mendorong promosi potensi daerah untuk meningkatkan pencitraan daerah dalam rangka menghadapi persaingan regional dan global . Apkasi bermitra dengan pemerintah dalam rangka diseminasi dan sosialisasi berbagai peraturan dan perundang-undangan serta kebijakan di bidang otonomi daerah.

Terkait penunjukan sebagai Sekjen Apkasi, Adnan pun sudah siap melaksanakan amanh itu dengan baik. Bahkan saat dimintai komentarnya apa yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini terkait kewenangannya di Apkasi itu, Minggu (30/5/2021) sore via WhatsApp mengatakan, sebagai langkah awal dirinya bersama ketua umum dan pengurus lainnya akan langsung menggelar rapat kerja pengurus.

” Insya Allah besok kita akan raker pengurus bersama APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) dalam rangka menyamakan persepsi menyikapi berbagai persoalan/permasalahan yang terjadi di daerah saat ini. Sehingga APKASI dan APEKSI sebagai wadah berhimpun seluruh bupati/walikota menjadi jembatan untuk kita sampaikan ke penentu kebijakan, sehingga secara perlahan masalah-masalah yang ada selama ini bisa kita minimalisir, ” kata Adnan.

Seperti diketahui Adnan adalah Bupati Gowa yang terpilih untuk dua periode saat ini. Saatmemulai debutnya sebagai aparat pemerintahan terpilih sebagai Bupati Gowa berpasangan dengan Abd Rauf Malaganni Kr Kio sebagai wakilnya melalui ajang Pilkada serentak tahun 2015 silam. Namun paketan Adnan-Kio ini unggul dari rival-rivalnya melalui jalur independe atau perorangan.

Kemudian pada periode kedua 2021-2026 ini Adnan-Kio terpilih kembali melalui jalur usungan partai tapi tampil sebagai calon tunggal.

Kini debut putra kedua almarhum Dr Ichsan Yasin Limpo (mantan Bupati Gowa dua periode)-Novita Madonza Amu (ibunda Adnan) ini makin popular seiring prestasi pemerintahan dan personal yang diraihnya. Ditangan sosok kelahiran 9 Maret 1986 ini, Kabupaten Gowa makin popular dan kian maju.

Pada Pilkada 2015 Adnan mencatat beberapa rekor diantaranya tercatat sebagai Bupati Termuda di Kawasan Timur Indonesia (KTI) dengan usia 29 tahun, anak Kepala Daerah yang bisa kembali terpilih menggantikan ayahnya dan calon independen atau perseorangan pertama yang memenangkan pilkada di Sulsel.

Selain dunia politik, Adnan juga pernah aktif di berbagai organisasi bahkan menduduki beberapa jabatan. Yaitu pernah menjabat sebagai ketua Persatuan Tinju Amatir Seluruh Indonesia (Pertina) Sulawesi Selatan, Wakil Ketua Majelis Pemuda Indonesia KNPI Sulsel.

Dan saat ini, Adnan yang pernah tercatat sebagai Bupati Termuda di Kawasan Timur Indonesia ini juga masih memimpin beberapa organisasi seperti Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Selatan, Ketua Kwartir Cabang Pramuka Gowa, Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Gowa dan Wakil Ketua DPP KNPI Bidang Hubungan Dalam Negeri.

Ayah dari Kheila Kinanthi Naryama Adnan dan Arya Mahadika Nalendra Adnan buah cinta pernikahannya dengan Priska Paramita ini, sebentar lagi akan meraih gelar doktor dengan desertasi terkait calon perseorangan dalam Pilkada yang saat ini tengah dipersiapkannya di Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin Makassar.-

Komentar Anda

Channel

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Nasional

Populer Minggu ini

Arsip

To Top