ikut bergabung

Dekan FKIP Unismuh Buka Momen Generasi Einstein

Pendidikan

Dekan FKIP Unismuh Buka Momen Generasi Einstein

MAKASSAR,UJUNGJARI.COM – Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Erwin Akib PhD membuka secara resmi kegiatan MOMENTUM 2021 (Momen Mahasiswa Generasi Einstein Universitas Muhammdiyah Makassar 2021). Pembukaan kegiatan tersebut digelar secara daring Sabtu (29/5/2021).

Dalam sambutannya, Erwin Akib mengapresiasi acara yang diinisiasi Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar. “Saya juga berterima kasih kepada Pimpinan Prodi Pendidikan Fisika Unismuh yang terus berbuat untuk kepentingan institusi,” tandas Alumni Program Doktor Universitas Teknologi Malaysia (UTM) ini.

Dekan FKIP Unismuh ini juga memberikan delapan strategi meraih keberhasilan di Abad 21. “Saat ini kita sudah familiar dengan istilah 4C, Creativity, Critical Thinking, Communication, dan Collaboration. Saya ingin menambahkan 4C yang lainnya, yaitu Connectivity, Culture, Character Building, dan Computer Literacy,” jelasnya.

“Creativity, critical thinking, communicative dan collaborative ini yang perlu dikuatkan oleh para dosen dan guru. Bagaimana bisa menguatkan dan mengimplementasikan, dan juga menyalurkan energi positif dalam hal berpikir secara kritis pada peserta didik,” tandasnya.

“Inovasi berpikir kreatif penting untuk melakukan kegiatan yang sifatnya sangat positif. Komunikatif juga penting, tidak hanya mampu dalam berkomunikasi dengan orang lain, melainkan juga berinteraksi dengan dunia. Oleh karena itu, Bahasa Indonesia tidak cukup, kita perlu menguasai bahasa asing,” jelas Mantan Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unismuh ini.

Erwin juga berpesan, saat ini bukan lagi zamannya berkompetisi tidak sehat. “Kita perlu berkolaborasi, berbagi ilmu maupun peluang bisnis dengan orang dari berbagai benua. Acara ini pun tidak bisa terlaksana tanpa konektivitas dengan berbagai Sekolah yang ada di Indonesia,” lanjutnya.

Namun Erwin mengingatkan, konektivitas global tersebut jangan sampai membuat kita lupa dengan Culture (Budaya). “Jangan sampai kita melupakan local wisdom. Kekuatan budaya ini penting dalam Character Building, seperti tercermin dari Tut Wuri Handayani, yang diajarkan Ki Hajar Dewantara,” lanjutnya.

Computer Literacy juga tak kalah penting diajarkan, apalagi dalam Era Revolusi Industri 4.0. “Acara lomba daring tingkat nasional ini hanya bisa terselenggara, karena kita memiliki Computer Literacy,” pungkas Erwin.

Sementara itu, Ketua Prodi Pendidikan Fisika Unismuh Makassar Dr Nurlina menceritakan bahwa kegiatan MOMENTUM 2021 telah dilaksanakan sejak tahun 2007. “Jadi kegiatan ini telah dihelat selama 14 tahun, sejak angkatan pertama di Prodi Fisika Unismuh,” kata Nurlina.

“Semua Kegiatan lomba bersifat kompetisi online, karena kita masih berada dalam masa Pandemi COVID-19,” jelasnya.

Bentuk kegiatan yang dilaksanakan yaitu Workshop Pengelolaan Laboraturium, Lomba Tingkat SMA/MA Sederajat (Physics Online Competition/Phonon Individu, Poster dan Fisika Tepat Guna (FTG), Lomba Tingkat SMP/MTS Sederajat (Physics Online Competition/Phonon Individu, dan FTG).

Peserta lomba yang mendaftar sebanyak 49 peserta dari berbagai sekolah SMA maupun SMP yang merupakan utusan dari berbagai sekolah di Indonesia.

Komentar Anda

Channel

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Pendidikan

Populer Minggu ini

Arsip

To Top