ikut bergabung

Bupati Takalar Sebut Kades Panyangkalang Kreatif dan Penuh Inovasi

Bupati Takalar, Syamsari Kitta didampingi Kades Panyangkalang, Ahmad Sabang S.Sos ketika meresmikan beroperasinya gedung olahraga futsal yang dikelola BUMdes Panyangkalang, Senin (15/11/2021) sore

Sulsel

Bupati Takalar Sebut Kades Panyangkalang Kreatif dan Penuh Inovasi

TAKALAR, UJUNGJARI–Bupati Takalar, H. Syamsari Kitta menyatakan, Kepala Desa Panyangkalang, Ahmad Sabang S.Sos adalah sosok pemimpin yang kreatif serta penuh inovasi.

Hal itu diungkapkan Syamsari ketika meresmikan beroperasinya gedung olahraga futsal yang dikelola BUMdes Panyangkalang, Senin (15/11/2021) sore. Peresmian gedung olahraga Futsal ini dirangkaikan dengan Launching Pelayanan Perizinan Desa (PAPI).

Menurut Syamsari, inovasi Desa Panyangkalang bisa menjadi contoh bagi desa desa lain di Kabupaten Takalar. Dalam pekan ini, tepatnya tanggal 17 November 2021, kata Syamsari, ada perhelatan Pilkades serempak di Kabupaten Takalar.

“Kami berharap, figur kepala desa yang nantinya terpilih bisa kreatif serta inovatif seperti Kades Panyangkalang,” tukas Syamsari.

Sementara itu, Kepala Desa Panyangkalang, Ahmad Sabang mengatakan, pembangunan serta perampungan gedung futsal ini dilakukan bertahap, selama tiga tahun anggaran. Rinciannya, Rp 253 juta (tahun 2019) , Rp353 juta (2020) dan Rp 450 juta (2021)

Saat ini, lapangan futsal yang dibangun telah membawa manfaat dan akan menjadi salah satu unit usaha yang bisa dijadikan sumber dana kas untuk desa.

“Di Kabupaten Takalar ini hanya ada dua lapangan futsal, dan hanya satu yang dikelola BUMdes, yaitu di Desa Panyangkalang,” tegas Ahmad seraya berharap kehadiran lapangan futsal ini bisa mencetak atlet atlet handal yang akan mengharumkan nama Kabupaten Takalar di tingkat provinsi dan nasional.

Bukan hanya lapangan futsal, Desa Panyangkalang, kata Ahmad, juga mengelola instalasi pengelolaan air bersih. Saat ini, sudah memiliki 420 pelanggan dan setiap pelanggan hanya dikenakan biaya Rp 200 per kubik.

Inovasi lainnya, Desa Panyangkalang juga mengadakan sarana internet buat warganya dengan harga yang sangat ramah serta terjangkau. Sarana internet ini dikelola dengan ikut memberdayakan pedagang kelontong yang tersebar di desa.

Menurut Ahmad, pencapaian yang diraih Desa Panyangkalang, tidak terlepas dari dukungan penuh dari Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kabid PMD), Kabupaten Takalar, Ardyanto Radjab. Sosok Ardyanto, kata Ahmad, banyak memberikan peran serta kontribusi penting bagi pemerintah desa di seluruh Kabupaten Takalar. (*)

Komentar Anda

Channel


Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top