ikut bergabung

KI Visitasi dan Monev, RSUD Haji Optimis Lima Besar Pemeringkatan

Berita

KI Visitasi dan Monev, RSUD Haji Optimis Lima Besar Pemeringkatan

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Komisi Informasi (KI) Sulsel melakukan visitasi monitoring dan evaluasi (monev) Pemeringkatan keterbukaan informasi Badan Publik 2021 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Haji Makassar Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (29/11).

Komisioner KI Sulsel, Fauziah Erwin menerangkan, visitasi merupakan tahap akhir penilaian untuk menghasilkan badan publik terbaik untuk setiap kategori.

“Visitasi sebagai bentuk verifikasi faktual yang dilakukan dengan cara mengunjungi langsung OPD,” kata Fauzia.

Kegiatan ini, kata wanita yang akrab disapa Uci ini, kegiatan ini dilaksanakan secara rutin oleh KI mulai level pusat hingga daerah.

“Jadi, kami dari KI Sulsel sebagai tim penilai mengecek seluruh kelengkapan dokumen sesuai UU Nomor 14 Tahun 2008 meliputi dokumen berkala, setiap saat,” ungkapnya.

Khusus untuk lingkup Pemprov Sulsel, sebanyak 34 OPD yang berpartisipasi dan ikut dalam penilaian tahun ini. Lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

Dari aspek administrasi, menurut Uci, meskipun ada kemajuan, tapi belum terlalu signifikan. Karena OPD yang konsisten memenuhi dokumen persyaratan penilaian hanya OPD yang sama dengan tahun lalu. Diantaranya Bappeda, BPKAD, RSUD Haji, Labuang Baji, dan beberapa OPD lainnya.

Rencananya, pemberian penghargaan dan pemeringkatan keterbukaan informasi akan dilaksanakan pertengahan Desember mendatang.

Plt Dirut RSUD Haji, Hj Andi Diamarni Gandhis seluruh jajaran RSUD Haji khususnya PPID telah berupaya semaksimal mungkin untuk menjadi bagian dari OPD lingkup Pemprov Sulsel yang menerapkan keterbukaan informasi.

“Menyadari akan urgensi keterbukaan informasi bagi badan publik, kami berkomitmen tidak ada kata menyerah untuk itu. Semoga mendapatkan hasil yang lebih baik. Kami berharap masukan untuk bisa lebih baik lagi ke depan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perencanaan Program, Evaluasi Hukum, Humas, dan Pemasaran yang juga Kepala Bidang Layanan Informasi Dokumentasi PPID RSUD Haji, Badaruddin menjelaskan, berbagai persiapan sudah dilakukan RSUD sebelum visitasi dan monev oleh KI Sulsel.

Diapun optimistis pihaknya bisa masuk dalam jajaran lima besar OPD Tingkat Pemprov Sulsel yang akan meraih penghargaan keterbukaan informasi Publik

“Insya Allah Rumah Sakit Haji optimis tahun ini bisa masuk dalam lima besar pemeringkatan informasi. Kami sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin, memperlihatkan semua dokumen dan indikator penilaian berdasarkan fakta di lapangan,” tandas mantan Kabid Humas Pemprov Sulsel itu. (**)

Komentar Anda

Channel


Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top