ikut bergabung

Gowa Optimis Capai 70 Persen Vaksinasi Covid-19, Kebut 8.000 Dosis per Hari

RAKOR. Suasana rakor vaksinasi covid-19 di gefung Haji Bate Sungguminasa dibuka Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan. (foto/ist)

Sulsel

Gowa Optimis Capai 70 Persen Vaksinasi Covid-19, Kebut 8.000 Dosis per Hari

GOWA, UJUNGJARI.COM — Desember 2021 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melakukan kebut pelaksanaan vaksinasi di tengah masyarakat. Hal itu dilakukan agar memasuki tahun baru mendatang, Kabupaten Gowa sudah mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok, sehingga dipastikan Kabupaten Gowa bersih dari virus corona disease 2019 (covid-19) yang sudah menjajah ketenangan dan kenyamanan masyarakat dalam beraktivitas sehari-hari selama hampir dua tahunan.

Guna menggenjot cakupan vaksinasi covid-19 ini Pemkab Gowa pun melakukan vaksinasi setiap hari dan itu akan dilakukan hingga cakupan vaksinasi memenuhi target nasional 70 persen.

Dalam rapat koordinasi percepatan vaksinasi cakupan 70 persen yang dilakukan Pemkab Gowa bersama Forkopimda dan digelar di gedung Haji Bate Sungguminasa, Selasa (29/11) lalu, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengingatkan bahwa untuk mencapai kekebalan kelompok maka 70 persen dari jumlah masyarakat Gowa harus sudah divaksin.

” Target bapak Presiden akhir Desember 2021 ini semua daerah kabupaten kota sudah mencapai 70 persen. Karena untuk membentuk kekebalan kelompok itu harus divaksin 70 persen dari jumlah penduduk suatu wilayah,” kata Adnan dihadapan jajaran pemerintah, TNI dan Polri yang hadir dalam rakor sehari tersebut.

Karena Gowa belum mencapai 70 persen, maka kegiatan vaksinasi ini terus digenjot dan dikebut. Disepakati, per hari kegiatan vaksin ditarget 8.000 dosis atau mencakup 8.000 orang.

” Hitungannya, jika kita target vaksinasi 8.000 warga perhari skala kabupaten maka logikanya per desa kelurahan itu paling kecil harus menvaksin 48 orang perhari (menyebar pada 167 desa kelurahan). Karena itu saya berharap kerjasama dan kerjakeras dari semua pihak mulai dari tingkat desa dan kelurahan serta TNI-Polri. Jika ini dilakukan secara bersama-sama, maka apa yang ditargetkan bisa tercapai,” kata Adnan.

Dikatakan Adnan, kerja ini tidak boleh dilakukan secara sendiri-sendiri, secara parsial. Tapi harus kerja bersama untuk melakukan percepatan cakupan vaksinasi di Kabupaten Gowa.

” Kalau kita sudah mencapai ini, maka Insha Allah bisa memutuskan mata rantai penularan covid-19,” tandas Adnan.

Terkait kerja keras ini, pihaknya kata Adnan
akan menyiapkan tim penginput data. Adnan berharap semua data vaksinasi bisa langsung terinput dan kedepan tidak ada lagi perbedaan data.

“Jadi kita akan bentuk tim penginputan khusus yang terdiri dari perwakilan Pemkab Gowa, Polres dan Kodim dengan menggunakan aplikasi yang diakui oleh Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Provinsi berdasarkan juknis maupun juklat, supaya data yang kita pegang sama dengan pemerintah provinsi ataupun pusat,” tandas Bupati Gowa dua periode ini.

Terpisah, Kapolres Gowa AKBP Tri Goffaruddin Pulungan dalam rakor itu pun berharap cakupan vaksinasi 70 persen bisa segera tercapai lebih cepat sebelum perayaan natal dan tahun baru.

” Saya berharap kerjasama dari teman-teman yang hari ini hadir di sini untuk mencapai herd immunity seperti yang disampaikan pak bupati. Kita harus kompak melakukan kegiatan ini bersama-sama dan mengawasi bersama,” jelas Kapolres Gowa.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni, Pj Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Gowa Kamsina, Pasi Ops Kodim 1409 Gowa Kapten Inf Syaiful, para Camat, Kapolsek/Kapospol, Danramil, Lurah, Kepala Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas se-Kabupaten Gowa.

Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Gowa yang juga Jubir Satgas Gugus Covid-19 Gowa dr Gaffar mengatakan, komitmen ini terus dipacu agar cakupan vaksinasi 70 persen betul-betul terwujud.

Diakuinya, hingga Rabu (1/12) ini pelaksanaan vaksinasi terus dilakukan. Salah satunya adalah di kantor Kelurahan Borongloe, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa.

Pelaksanaan vaksinasi yang melayani dosis pertama dan kedua ini dilaksanakan pemerintah kelurahan setempat dengan melibatkan belasan tenaga medis dan vaksinator dari Puskesmas Bontomarannu.

” Selain di Kelurahan Borongloe, kegiatan vaksinasi juga dilakukan di beberapa kelurahan di Kecamatan Somba Opu, dan kecamatan lainnya. Semoga upaya kita ini betul-betul dapat mewujudkan herd immunity sebelum natal dan tahun baru 2022 nanti, ” papar dr Gaffar.-

Komentar Anda

Channel


Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top