ikut bergabung

Pekan Budaya Tana Luwu Meriahkan HPRL ke-76

Sulsel

Pekan Budaya Tana Luwu Meriahkan HPRL ke-76

PALOPO, UJUNGJARI — Kedatuan Luwu bekerjasama pemerintah daerah di Tana Luwu akan menggelar Pekan Budaya Tana Luwu (PBTL) pada tanggal 17-23 Januari 2022 mendatang.

Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Perlawanan Rakyat Luwu (HPRL) ke-76.

Ketua Panitia Pelaksana, Agus Riyanto mengatakan masyarakat Luwu memiliki potensi seni, budaya yang sangat tinggi serta kuliner khas yang menarik untuk terus dikembangkan dan diperkenalkan kepada wisatawan domestik maupun mancanegara.

Tidak hanya itu, pandemi Covid-19 yang berlangsung hampir 2 tahun melumpuhkan sendi-sendi perekonomian masyarakat, merosotnya pariwisata dan banyak pelaku UMKM lokal terpuruk.

“Kita ingin melestarikan dan mengenalkan kembali nilai-nilai adat dan budaya pada masyarakat khususnya generasi muda melalui kegiatan Pekan Budaya Tana Luwu tahun 2022. Membangkitkan kembali dunia pariwisata dan UMKM setelah terpuruk akibat pandemi covid-19,” kata Agus Riyanto yang tak lain Kajari Palopo Sabtu (4/12/2021).

Lanjut dia, Pekan Budaya Tana Luwu tahun 2022 juga sebagai ajang promosi potensi Tana Luwu kepada berbagai pihak.

“Pekan Budaya Tana Luwu 2022 sebagai ajang promosi potensi seni, budaya dan kuliner khas Tana Luwu kepada berbagai pihak baik kepada masyarakat luwu sendiri, masyarakat diluar luwu bahkan keluar negeri. Kegiatan ini bertujuan untuk merekatkan hubungan antara masyarakat adat, pemangku adat, kerabat Istana Kedatuan Luwu, dan masyarakat Tana Luwu masing-masing sesuai tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) terhadap Yang Mulia ToPapoataE Datu Luwu XL. H. Andi Maradang,” jelasnya.

Pekan budaya Tana Luwu akan diisi berbagai kegiatan mulai dari pameran seni, pameran benda pusaka, pasar rakyat, lomba baca puisi bahasa daerah, pertunjukan seni, permainan tradisional, manre saperra, kontes kicau burung dan lainnya. (*)

Komentar Anda

Channel


Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top