ikut bergabung

Pemeringkatan Kemahasiswaan Kemendikbud, Unismuh Peringkat 82 Nasional

Pendidikan

Pemeringkatan Kemahasiswaan Kemendikbud, Unismuh Peringkat 82 Nasional

MAKASSAR,UJUNGJARI.COM – Unismuh Makassar meraih posisi ke-82 pemeringkatan bidang kemahasiswaan perguruan tinggi pada Simkatmawa (Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan) tahun 2021.

Demikian pengumuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ristekdikti tentang pemeringkatan kinerja perguruan tinggi bidang kemahasiswaan di laman Simkatmawa.kemendikbud.go.id, Selasa (7/12/2021).

Posisi itu naik dibandingkan tahun 2020 berada di peringkat 114 nasional. Sementara dalam kategori liga 1 pada tahun ini Unismuh Makassar meraih peringkat 38 nasional.

Pada tahun ini pengumuman dibedakan menjadi dua peringkat yaitu peringkat di liga dan peringkat nasional (universitas).

Liga 1 merupakan kumpulan kampus-kampus besar baik PTN maupun PTS se-Indonesia seperti UGM, UI, ITB dan lainnya yakni dengan memiliki jumlah mahasiswa aktif lebih dari 18.000 mahasiswa.

Sedangkan liga 2: jumlah mahasiswa aktif lebih 5000 kurang dari 18000. Liga 3: jumlah mahasiswa aktif lebih dari 1000 dan kurang dari 5.000, serta liga 4 jumlah mahasiswa aktif di bawah 1000.

Koordinator Tim Simkatmawa Unismuh, Wahyuddin menjelaskan, sistem manajemen informasi pemeringkatan kemahasiswaan merupakan sistem pelaporan kegiatan bidang kemahasiswaan untuk penilaian kinerja kemahasiswaan perguruan tinggi PTN maupun PTS Se-Indonesia dalam lingkup Kemendikbudristek.

”Pemeringkatan diadakan setiap tahun terintegrasi dengan pemeringkatan universitas. Ini upaya Kemendikbudristek mengetahui kualitas pengelolaan dan pembinaan kemahasiswaan di suatu perguruan tinggi,” katanya.

Komponen penilaian lima aspek yaitu manajemen institusi, MBKM/non lomba, prestasi mandiri, rekognisi dan pelatihan mental kebangsaan serta kegiatan Belmawa Kemdikbud. Seluruh kegiatan tersebut dalam satu tahun kemudian dihitung dan diberikan nilai.

Wahyudin menerangkan, kolaborasi antara pimpinan univeristas, para dosen, mahasiswa menentukan prestasi ini. Tim melaporkan data kegiatan mahasiswa dengan menginput ke website simkatmawa.kemendikbud.go.id.

Dia menambahkan, satu di antara hal yang penting untuk mendorong naiknya peringkat ini adalah mendorong para mahasiswa untuk aktif kegiatan kemahasiswaan khususnya kegiatan Kemendikbud.

Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA), kata dia, memotivasi mahasiswa dengan memberikan fasilitas berupa pendampingan intensif saat mengikuti kegiatan.

Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse bersyukur atas pencapaian yang berhasil diperoleh oleh kemahasiswaan Unismuh. Hasil tersebut berkat kerja keras seluruh pihak mahasiswa, dosen, lembaga-lembaga lingkup unismuh dan lainnya.

”Harapannya ke depan mahasiswa dapat terus aktif dan kreatif dalam prestasi di segala bidang selain dari lomba seperti pengabdian, kewirausahaan, rekognisi, dan lainnya. Pimpinan universitas akan selalu men-support baik berupa materi maupun non materi,” katanya.

Komentar Anda

Channel


Berita lainnya Pendidikan

Populer Minggu ini

Arsip

To Top