ikut bergabung

JRM Miris Lihat Poros Jalan Enrekang-Toraja Berlubang dan Tergenang Air

Sulsel

JRM Miris Lihat Poros Jalan Enrekang-Toraja Berlubang dan Tergenang Air

MAKALE, UJUNGJARI–Poros jalan Enrekang-Toraja kondisinya  rusak parah, bahkan kerap menelan korban jiwa. Kondisi itu membuat anggota DPRD Provinsi Sulsel, John Rende Mangontan (JRM)  angkat bicara.

Anggota Komisi E dari Fraksi Golkar ini kepada “Ujungjari.Com, Jumat (10/12) mengatakan, Toraja dijadikan Pemerintah Pusat, dan Provinsi sebagai pusat konsentrasi pengembangan pariwisata. Yang digenjot pemerintah saat ini adalah pembangunan infrastrukturnya. Namun miris sekali ketika melihat jalan poros Enrekang-Toraja masih ada badan jalan rusak, tergenang air, dan berlobang.

Menurut JRM, kondisi ruas Jalan poros Enrekang makin parah karena armada setiap saat melintas ke Toraja Over dimensi dan over load, membuat badan jalan rusak. Demikian pula drainase tersumbat, bahkan sebagian sudah tidak berfungsi, sehingga disarankan Instansi berwenang segera koordinasi.

Selain Balai Pengelola Transportasi Darat Kementerian Perhubungan  untuk Jalan Nasional, juga Dinas PU Pemprop dan Kabupaten kategori Jalan Provinsi, serta Ditlantas Polda dan Satlantas Kabupaten-Kota.

Demikian pula Balai Jalan Nasional untuk Jalan Nasional dan Dinas PU Provindi dan Dinas PU Kab-Kota, Dispenda, serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Lanjut JRM, melihat kondisi jalan ke daerah tujuan wisata Toraja, perhatian utama Pemerintah adalah pembangunan dan perbaikan drainase sehingga posisi badan jalan tidak tergenang air.

Selain itu perlu mengevaluasi perlakukan struktur badan jalan dengan mengacu data harian Lalu Lintas beban kendaraan yang melintasi tidak sesuai tonase jalan.

Selanjutnya perlu evaluasi dan monitoring posisi bangunan pelengkap yang rawan longsor terutama di beberapa segmen, sehingga perbaikan perlu di perhatikan.

JRM tidak menimpali jembatan timbang alat ukur mengetahui daya angkut dum truk banyak tidak berfungsi, sehingga menyesuaikan beban truk dengan tonase jalan jembatan timbang dioptimalkan operasinya. (agus)

Komentar Anda

Channel


Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top