ikut bergabung

Dekranasda Selayar Pelatihan Teknik Pengemasan dan Pemasaran Produk

Sulsel

Dekranasda Selayar Pelatihan Teknik Pengemasan dan Pemasaran Produk

KEPULAUAN SELAYAR – Dewan Kerajinan nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten kepulauan Selayar kembali melakukan pelatihan di Baruga eks. Rumah jabatan Bupati Kepulauan Selayar, Senin (27/12/2021).

Namun pelatihan kali ini adalah tentang tekhnik pengemasan dan pemasaran produk.

Pelatihan tersebut dibuka oleh Wakil Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Kepulauan Selayar Nur Meiti Mesdiono mewakil Ketua Dekranasda, dengan peserta pelatihan adalah pengrajin dan calon pengrajin dari beberap desa se kecamatan daratan Kepulauan Selayar.

Wakil Ketua Dekranasda Nur Meiti Mesdiono dalam sambutannya mengatakan Kabupaten Kepulauan Selayar memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan untuk usaha kerajinan, namun harus diakui bahwa kemampuan SDM masih perlu ditingkatkan, baik dari segi kemampuan maupun keterampilannya.

“Permasalahan kemasan dan akses pemasaran produk, merupakan masalah yang perlu mendapatkan perhatian serius bukan hanya dari pemerintah daerah tetapi juiga dari Dekranasda selaku mitra pemerintah daerah,” kata Nur Meiti Mesdiono.

Menurutnya, kemasan produk masih perlu terus ditingkatkan kualitasnya agar kemasannya lebih menarik dan memiliki daya saing di pasaran. Selain persoalan kemasan, masalah lain yang dihadapi oleh pelaku usaha adalah promosi dan pemasaran produknya. Diera digital saat ini kata Nur Meiti Mesdiono, promosi dan pemasaran produk juga harus berbasis digital.

“Kemampuan pelaku usaha dituntut untuk mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi saat ini,” terangnya.

Sementara itu dikutip dari laporan panitia pelaksana Sitti Rahmania, S.H diungkapkan bahwa pelatihan tersebut merupakan program kerja Bidang Promosi dan Humas Dekranasda Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Tujuan pelatihan adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para peserta dalam membuat desain dan tehnik pemasaran produk, juga untuk meningkatkan kualitas dan daya saing produk,” ungkapnya.

Narasumber yang dihadirkan adalah Kadis Kominfo-SP Andi Imran, S.Sos dengan materi Strategi Pemasaran Produk di Era Digital. Pemateri lainnya adalah Ardiana Puspitasari tenaga penyuluh lapangan industri Dinas Perindagkum dengan materi Tehnik Pengemasan dan Pemasaran Produk.Hingga berita ini diturunkan, pelatihan masih sementara berlangsung. (*)

Komentar Anda

Channel


Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top