ikut bergabung

Milad ke-26 Masjid Al-Markaz,  Pengurus Ziarah ke Makam Jenderal M Jusuf

Sulsel

Milad ke-26 Masjid Al-Markaz,  Pengurus Ziarah ke Makam Jenderal M Jusuf

MAKASSAR, UJUNGJARI–Masjid Al-Markaz Al-Islami Jenderal M.Jusuf genap berusia 26 tahun pada Rabu (12/1/20220. Pembangunan salah satu masjid termegah di Asia Tenggara ini diprakarsai Jenderal TNI. M.Jusuf, putra Bone, Sulawesi Selatan, yang mantan Panglima ABRI.

Untuk mengenang jasa-jasanya, para pengurus Masjid Al-Markaz Al-Islami Jenderal M.Jusuf, melakukan ziarah ke makam Jend. M. Jusuf. Ziarah makam dipimpin langsung Ketua Yayasan Islamic Center (YIC) Masjid Al-Markaz Al-Islami, Prof. Basri Hasanuddin, didampingi pengurus lainnya.

“Tepat hari ini 12 Januari 2022, Masjid Al-Markaz Al-Islami Jenderal M.Jusuf tepat berusia 26 tahun. Oleh karena itu, kita manfaatkan untuk mengenang kembali sosok Jenderal Jusuf yang berjasa besar meninggalkan kenang-kenangan yang sangat indah, berkelanjutan yaitu Masjid Al-Markaz. Kita ziarah ke sini untuk mendoakan beliau,” kata Basri Hasanuddin.

Model arsitektur Masjid Al-Markaz Al-Islami Jenderal M.Jusuf terinspirasi dari keindahan Masjidil Haram Mekah, Masjid Nabawi Madinah, Masjid Tua Katangka Gowa dan rumah adat khas Bugis Makassar, yang diramu dengan apik oleh arsitek asal Institut Teknologi Bandung, Ir. Achmad Nu’man.

Pembangunan masjid megah ini dimulai 8 Mei 1994 dengan pemancangan tiang pertama dilakukan oleh dua menteri masing-masing Menteri Dalam Negeri, Yogi S Memet dan Menteri Pertahanan dan Keamanan, Edy Sudrajad. Pembangunan Masjid Al-Markaz Al-Islami rampung 12 Januari 1996. Masjid Al-Markaz Al-Islami memiliki luas bangunan 6.932 m2 dan luas lahan7,2 hektar, dengan daya tampung jamaah hingga 50.000 orang.

Masjid Al-Markaz disebut pula sebagai Islamic Center karena, masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah, melainkkan juga sekolah Islam terpadu, sekolah penghafal Al-Qur’an, asrama dan ruang pertemuan untuk majelis. Juga tersedia perpustakaan dan lembaga yang mengelola zakat, infaq dan sedekah.

Dalam rangka miladnya ke-26, pengurus menggelar zikir dan doa bersama di Masjid Al-Markaz Al-Islami. Doa dan zikir bersama ini dilaksanakan Rabu malam, usai salat Magrib berjamaah. (*)

Komentar Anda

Channel


Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top