ikut bergabung

Tim Kampung Siaga Bencana Evakuasi Korban Banjir Takkalasi

Sulsel

Tim Kampung Siaga Bencana Evakuasi Korban Banjir Takkalasi

BARRU,UJUNGJARI— Peristiwa banjir kembali melanda  kelurahan Takkalasi kecamatan Balusu kabupaten Barru. Ratusan pemukiman penduduk mulai dikepung banjir dan warga merasa khawatir jika Tim Kampung Siaga Bencana( KSB) terlambat melakukan upaya evakuasi, namun kekhawatiran para warga justru terbayar setelah tim tersebut langsung tiba di lokasi banjir untuk melakukan proses evakuasi terhadap korban banjir.

Tetapi jangan panik dulu karena hal ini hanya merupakan bagian dari proses simulasi yang dilakukan para pengurus dari Tim Kampung Siaga Bencana dalam penanganan korban banjir yang dilaksanakan saat pencanangan Kampung Siaga Bencana( KSB) dan pengukuhan pengurusnya yang dipimpin Sekda Barru Abustan, Sabtu(17/9) di lapangan kelurahan Takkalasi kecamatan Balusu.

Simulasi ini merupakan bahagian dari pencanangan Kampung Siaga Bencana(KSB) dan pengukuhan pengurus KSB agar disaat bencana benar-benar terjadi, maka tim KSB ini bisa lebih tanggap dan lebih cepat dalam melakukan upaya penyelamatan kepada para korban bencana seperti dalam peristiwa banjir.

Hadir dalam pengukuhan pengurus dan pencanangan Kampung Siaga Bencana ini. Diantaranya Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos, Drs. H. Iyan Kusmadiana,MPS,Sp, Kepala dinas sosial Provinsi Sulsel Drs. H. A. Irawan Bintang, MT , Ketua DPRD Barru, Lukman, T,  unsur forkopinda, para Kadis Sosial kab/kota, para aggota DPRD, para staf ahli, para Asisten, Kepala OPD, Camat, Baznas, PMI, lurah/kades dan tagana.

Baca Juga :   Masa Tenang, KPU Tana Toraja Stop Alat Peraga dan Iklan di Media

Acara ini diawali dengan penampilan sanggar seni Colliq Pujie  tarian makkebu lopi dan pembacaan doa, serta penyerahan lumbung sosial.

Sebelum dilakukan Pengukuhan kampung siaga bencana kabupaten Barru di lapangan Takkalasi, dilakukan pembacaan sikap kesiagaan bencana oleh peserta pengukuhan yang dipimpin oleh Camat Balusu.

Selain itu dalam agenda tersebut Tim Tagana menyerahkan Penghargaan  kepada UPTD SD 176 Barru  dan UPTD 72 Barru.

Sekretaris Daerah( Sekda) Barru, Abustan yang mewakili Bupati Barru mengucapkan rasa syukur atas kehadirat Allah SWT, sehingga bisa hadir dalam acara Kampung Siaga Bencana.

“Alhamdulillah  pelaksanaan kegiatan ini berlangsung sukses karena dipersiapkan selama 7 hari dengan garansi Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulsel beserta tim yang ada di kabupaten Barru” ujar Abustan.

Abustan juga menyampaikan permohonan maaf karena Pak Bupati Barru  tidak sempat hadir dan menitip salam ke Pak Direktur. Saat ini kita jalin komunikasi dengan pihak Kementerian Sosial dan melalui tempat ini, kami titip dua lumbung sosial dan segera akan dibawa langsung Kadis Sosial ke Jakarta.

dibaca : 18

Laman: 1 2 3



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top