ikut bergabung

Dilengkapi Alat Perekam, Ribuan CCTV Diskominfo Makassar Pantau Aktivitas Kota Selama 24 Jam

OPERATION ROOM. Staf Diskominfo Makassar mengoperasikan CCTV di War Room Balaikota Makassar. (Foto: Diskominfo Makassar)

Makassar

Dilengkapi Alat Perekam, Ribuan CCTV Diskominfo Makassar Pantau Aktivitas Kota Selama 24 Jam

MAKASSAR,UJUNGJARI.COM–Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar telah memasang 2552 ribu Closed Circuit Television (CCTV). Dengan kamera pengawas tersebut Diskominfo Makassar mampu memantau berbagai titik aktivitas Kota Makassar selama 24 jam sehari.

Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika (Aptika) Diskominfo Makasar, Dr Jusman mengatakan ribuan CCTV itu dilengkapi alat perekam yang aktif 24 jam full dalam sehari. CCTV yang terpasang pun dapat dipantau langsung di operation room Gedung Balaikota, Jl Jenderal Ahmad Yani, Kota Makassar.

“Dilengkapi dengan alat perekam (NVR) aktif 24 jam. Terpantau melalui Operation Room Kota Makassar, juga dapat terpantau sesuai akses diluar sesuai yang diizinkan Pemerintah Kota Makassar,” ucap Kabid Aptika Diskominfo Makassar,” ucapnya.

Dr Jusman melanjutkan, untuk memudahkan pemantauan CCTV, Diskominfo Makassar juga menyiapkan ruang penyimpanan data dan menambah beberapa platform untuk mempermudah dalam memantau CCTV yang tersebar.

“Optimalisasi penggunaan CCTV tersebut, Dinas Kominfo menyiapkan server storage CCTV di ruang data center operation room, NVR untuk perekaman langsung, penggunaan jaringan metro ethernet yang semakin luas, dan dengan penambahan beberapa platform untuk memudahkan memonitoing CCTV yang tersebar berbagai titik tersebut,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Makassar, Mahyuddin pernah mengatakan bahwa pemasangan CCTV tersebut juga merupakan upaya Diskominfo Makassar turut andil dalam mendukung Pemerintah Kota Makassar dan pihak keamanan dalam menekan kriminilitas yang sering terjadi.

“Kita tidak mau ada lagi perang antar kelompok, tindakan kriminal dan dengan CCTV ini bisa dengan cepat RT/RW atau bahkan kepolisian dengan mudah melakukan pengintaian jika ada indikasi melalui kamera pengawas yang kita pasang,” jelasnya. (bs)



Komentar Anda

Berita lainnya Makassar

Populer Minggu ini

Arsip

To Top