ikut bergabung

Kembangkan Ekonomi dan Bisnis, Muhammadiyah Gowa Kini Bentuk Koperasi

KOPERASI. Kadis Koperasi dan UKM Gowa Mahmuddin saat hadir dalam penyuluhan pembentukan koperasi yang dimotori Majelis Ekonomi Bisnis dan Menengah PDM Gowa. (foto/ist)

Ekonomi

Kembangkan Ekonomi dan Bisnis, Muhammadiyah Gowa Kini Bentuk Koperasi

GOWA, UJUNGJARI.COM — Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Gowa akhirnya mendirikan koperasi. Rencana pendirian koperasi inipun dilakukan PDM dengan menggelar pertemuan serta penyuluhan seputar perkoperasian yang dihadiri sedikitnya 50 orang pengurus PDM Gowa.

Pertemuan sekaligus penyuluhan ini digelar Majelis Ekonomi Bisnis dan Menengah PDM Gowa selaku penggagas pendirian koperasi Muhammadiyah, Kamis (28/3) kemarin di Sungguminasa dengan menghadirkan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Gowa Mahmuddin bersama jajarannya.

Rencana pembentukan koperasi Muhammadiyah ini diapresiasi Kadis Koperasi dan UKM Gowa Mahmuddin. Menurutnya adalah langkah tepat jika lembaga Muhammadiyah ini mendirikan koperasi.

Baca Juga

“Saya yakin PDM tentu akan mampu menggerakkan koperasi yang nantinya didirikan ini. Dan saya salut dengan pengurus PDM yang telah mempersiapkan rencana ini dengan matang melalui pertemuan dan penyuluhan ini. Dengan begitu seluruh warga Muhammadiyah akan lebih paham apa dan bagaimana itu koperasi, ” jelas Mahmuddin.

Pembentukan koperasi yang diprakarsai Majelis Ekonomi Bisnis dan Menengah PDM Gowa ini dinilai sebagai langkah tepat dalam pengembangan unit usaha yang bakal dilakukan PDM yakni ekonomi, bisnis dan pariwisata.

Dalam pertemuan itu, para pengurus Majelis Ekonomi Bisnis dan Menengah diberi bimbingan cara mendirikan koperasi, proses dan aturan-aturannya. Seperti Perangkat organisasi koperasi yang meliputi rapat anggota (selaku pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi), pengurus dan pengawas, kemudian modal koperasi terdiri dari modal sendiri dan modal pinjaman, serta pemahaman tentang perbedaan koperasi dengan PT (perseroan terbatas).

Baca Juga :   Erajaya Group akan Kembangkan 300 Store

Dikatakan Mahmuddin koperasi itu tujuannya adalah kesejahteraan anggota sedang PT bertujuan memburu keuntungan atau maksimalisasi profit. Juga terkait pengesahan badan hukum koperasi.

Selain itu ada juga persyaratan pendirian koperasi yang meliputi koperasi primer dan koperasi sekunder. Untuk koperasi primer didirikan sekurang-kurangnya oleh 20 orang sedang koperasi sekunder didirikan sekurang-kurangnya tiga koperasi.

“Perbedaan ini harus dipahami, juga tentang persyaratan pendiriannya sehingga pengelolaan koperasi betul-betul berjalan dengan baik sesuai mekanisme sesungguhnya, ” jelas Mahmuddin.

Sementara Ketua Majelis Ekonomi Bisnis dan Menengah PDM Gowa Sugianto Pettanegara
menjelaskan Muhammadiyah Gowa mempunyai potensi ekonomi berbagai sektor dengan populasi warganya di Gowa sekitar 100 ribu yang tersebar di 135 ranting, 22 cabang dan 56 sekolah.

dibaca : 106

Laman: 1 2



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Ekonomi

Populer Minggu ini

Arsip

To Top