ikut bergabung

APSI Maros Gelar Sosialisasi Kinerja Kepala Sekolah

SOSIALISASI. Usai sosialisasi para pengawas foto bareng sekaligus silaturahmi. (sar)

Sulsel

APSI Maros Gelar Sosialisasi Kinerja Kepala Sekolah

MAROS, UJUNGJARI.COM — Puluhan pengawas yang tergabung dalam Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) mengikuti sosialisasi Kinerja Kepala Sekolah.

Kegiatan yang berlangsung Kamis (16/5) di Ballroom RM Nusantara Maros ini dihadiri Ketua APSI Maros Jabaruddin Pasuloi, Korwas Burhanuddin, Ketua MKPS SMP Askari, Ketua KPPS SD Mansur, Ketua KPPS TK Rahmatia dan Pengawas dari Kemenag Maros.

Korwas Maros Burhanuddin berharap agar semua pengawas yang tergabung pada APSI Maros ini dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik. Mengingat materi sosialisasi terkait tugas pengawas yang akan melakukan observasi di sekolah binaannya masing masing.

Baca Juga

“Diharapkan agar semua pengawas yang ikut kegiatan ini dapat memahami dengan jelas tugas-tugas yang akan dilakukan saat observasi disekolah masing masing, ” kata Burhanuddin disela membuka sosialisasi tersebut.

Ketua APSI Maros Jabaruddin Pasuloi mengatakan sosialisasi observasi kinerja kepala sekolah yang digelar APSI selama sehari ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dengan jelas kepada teman-teman pengawas.

“Pada sosialisasi ini kami hanya memberikan petunjuk cara mengisi aplikasi obsevasi kinerja kepala sekolah. Pelaksanaan praktek ini didasarkan pada sub-indikator yang dipilih oleh kepala sekolah melalui perencanaan kinerja. Sub-indikator tersebut menjadi pedoman bagi atasan saat melakukan pemantauan dan pembinaan di satuan pendidikan tempat para kepala sekolah. Keberhasilan Pelaksanaan Kinerja dinilai berdasarkan dari upaya yang dilakukan dalam mencapai tujuan yang ditetapkan, ” ucapnya.

Baca Juga :   Longsor di Bontolerung, Satu Rumah Tertimpa, Lurah Sigap Ungsikan Penghuninya

Sementara itu, kepala sekolah dapat memulai praktek kinerja dengan mengikuti alur praktik kinerja, dimulai dari bagian pertama yaitu pelaksanaan observasi dan bagian kedua, yaitu pelaksanaan Tindak Lanjut. “ kata Jabaruddin.

Seorang pengawas TK bernama Herty mengatakan, kegiatan APSI selama ini banyak yang memberikan manfaat terkait tugas-tugas kepengawasan di lapangan. Terpenting yang harus kita lakukan pada bulan ini adalah observasi kinerja kepala sekolah. Sementara tehnis pelaksanaan observasi masih perlu pemahaman yang cukup mendalam agar para kepala sekolah yang menjadi objek observasi bisa dilakukan penilai secara objektif terkait hasil kinerjanya.

“Sosialisasi observasi kinerja kepala sekolah yang digelar APSI Maros ini sangat membantu kami para pengawas dalam melakukan observasi di sekolah binaan kita masing-masing,” ujar Herty.

Meski kata Herty masih banyak sistem yang ada dalam aplikasi belum dipahami secara utuh namun ketua APSI sebagai nara sumber akan melanjutkan sosialisasi ini dengan cara daring pada malam minggu yang akan datang. –

dibaca : 84



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Sulsel


Populer Minggu ini

Arsip

To Top