ikut bergabung

7 Hektar Lahan Pohon Jati Di Enrekang Ludes Terbakar

Sulsel

7 Hektar Lahan Pohon Jati Di Enrekang Ludes Terbakar

ENREKANG, UJUNGJARI.COM — Telah terjadi kebakaran lahan di dua titik pada hari Sabtu, 5 Oktober 2019 lalu, yaitu di Lingkungan Kukku Kelurahan Lewaja, dan di Dusun Ranga Desa Ranga.

Kedua wilayah tersebut sangat berdekatan dan berada di Kecamatan Enrekang. Kebakaran diduga berasal dari puntung rokok.

Kondisi medan yang sulit menjadi salah satu kendala bagi personil memadamkan api.

Api mulai membakar lahan tersebut sekitar pukul 14.00 Wita. Api dengan begitu cepat membakar lahan yang ditumbuhi pohon jati yang sudah kering. Di Lingkungan Kukku lahan yang terbakar seluas 4 hektar.

Sementara di Dusun Ranga lahan yang terbakar seluas 3 hektar.

“Kebakaran terjadi disebabkan karena puntung rokok yang dibuang sembarangan oleh warga yang melintasi wilayah tersebut,” kata Jaka Satria, personil Pusdalops BPBD Kabupaten Enrekang.

Personil Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD bersama personil Damkar, aparat TNI dan wargta setempat, langsung melakukan pemadaman dengan alat seadanya. Letak kejadian kebakaran itu berada di bukit yang curam, dan jauh dari jalanan sehingga tidak bisa dijangkau mobil pemadam

“Tim yang turun ke lokasi memadamkan api kewalahan karena wilayah yang terbakar sangat sulit dijangkau dengan mobil,” lanjut Jaka Satria.

Alhasil, pemadaman hanya dilakukan dengan menggunakan ranting-ranting pohon, serta alat pompa gendong milik personil TRC. (Suka)

 

Komentar Anda

Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...
Comments

Berita lainnya Sulsel

To Top