ikut bergabung

Tak Kenal Libur, Satgas Kebersihan Biringkanaya Sisir Sampah Lebaran

Makassar

Tak Kenal Libur, Satgas Kebersihan Biringkanaya Sisir Sampah Lebaran

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Satgas kebersihan kecamatan Biringkanaya, kota Makassar, patut diacungi jempol dan diapresiasi. Meski Hari Raya Idul Fitri 1441 H/2020 M, mereka tetap bekerja mengawal kebersihan wilayah.

Totalitas dan konsistensi itu diperlihatkan hari ini, meski libur lebaran mereka tetap fokus bekerja.

Usai salat Id, Minggu pagi (24/5), anggota satgas Biringkanaya, turun menyisir sampah lebaran di sejumlah titik. Salah satunya di poros jalan Perintis Kemerdekaan.

Mereka bekerja all out dengan menurunkan sejumlah armada sampah, motor Fukuda dan mobil Tangkasa’.

“Kami tidak mengenal waktu libur, termasuk Hari Raya Idul Fitri, kami tetap bekerja, menjalankan rutinitas,” kata Achi selaku pengawas satgas kecamatan Biringkanaya, saat memantau kebersihan di poros Perintis Kemerdekaan, Minggu pagi tadi.

“Sesuai arahan dan perintah Pak Camat, hari ini kami tetap turun, dan bergerak bersama menyisir semua sampah lebaran,” pungkasnya.

 

Untuk mengefektifkan kegiatan tersebut, lanjut Achi, mereka membagi tim kemudian menyasar semua sampah lebaran, seperti di simpang lima Bandara Sulhas, depan BPS Sudiang, dan beberapa titik lainnya.

“Memang setiap lebaran volume sampah meningkat. Bahkan tidak sedikit warga yang membuang sampah-nya di pinggir jalan. Untung juga warga mengemas sampah-nya dalam kantong plastik, sehingga gampang dibersihkan,” ketusnya.

Achi menambahkan bahwa, sampah yang banyak menumpuk di poros Perintis, adalah dari luar dan dilakukan oleh oknum warga yang tidak bertanggungjawab. Mereka rata-rata membuang sampah pada malam dan subuh hari.

“Informasi dari anggotaku, banyak yang membuang sampah adalah oknum warga dari luar, mereka pakai mobil dan motor. Sambil berkendara mereka membuang sampah dan langsung kabur. Sering anggotaku lihat, tapi susah juga dikejar karena begitu di teriaki, mereka langsung tancap gas,” ungkap Achi.

“Susah motor fukuda mengejar. Tapi ke depan, kami akan awasi mereka dan menangkap oknum warga yang membuang sampah sembarangan,” tegas Achi.  (drw)

Komentar Anda

Channel
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...
Comments

Berita lainnya Makassar

Populer Minggu ini

Arsip

To Top