ikut bergabung

LAKSUS Terima Penghargaan di HUT Bhayangkara ke-74

Direktur LAKSUS, Muh Ansar dan Koordinator Badan Pekerja Komite Masyarakat Anti Korupsi (KMAK) Sulselbar dan Koordinator Forum Komunikasi Lintas (FoKaL) NGO Sulawesi, Djusman AR

Makassar

LAKSUS Terima Penghargaan di HUT Bhayangkara ke-74

MAKASSAR, UJUNGJARI–Lembaga Antikorupsi Sulsel (LAKSUS) menerima apresiasi berupa penghargaan dari Polda Sulsel di HUT Bhayangkara ke-74 yang akan diperingati melalui Upacara di Mapolda Sulsel, Rabu (1/07/2020).

Penerimaan penghargaan ini terkuak, saat Direktur LAKSUS, Muh Ansar menemui pembina lembaganya, Djusman AR di sebuah warkop di bilangan Jalan Toddopuli Raya, Selasa (30/06/2020).

Djusman AR selaku pembina LAKSUS
sangat mengapresiasi Polda Sulsel dalam memberi penghargaan kepada LAKSUS.

Menurut Djusman, Polda Sulsel dalam menetapkan NGO yang menerima penghargaan pasti tidak asal asalan, karena melalui evaluasi mendalam soal track record sebuah lembaga layak tidaknya diberikan apresiasi.

“Apa yang dilakukan Polda Sulsel sudah sejalan dengan Pasal 41 UU No 31 Tahun 1999 beserta perubahannya UU No 20 Tahun 2001 Tentang Tipikor, dimana dalam pasal 41 jelas disebutkan tentang hak masyarakat mendapat penghargaan. Hal ini juga dipertegas dalam PP No 71 Tahun 2000,” tegasnya.

Djusman AR yang dikenal Tokoh Antikorupsi dan juga Koordinator Badan Pekerja Komite Masyarakat Anti Korupsi (KMAK) Sulselbar dan Koordinator Forum Komunikasi Lintas (FoKaL) NGO Sulawesi meminta kepada Muh Ansar selaku pimpinan LAKSUS agar tetap konsisten mengawal anggaran baik yang bersumber dari APBD, APBN dan hibah.
“Jangan pernah kendor menyuarakan Antikorupsi,” tegas Djusman.

Djusman AR yang juga Direktur Lembaga Peduli Sosial Ekonomi Budaya Hukum dan Politik (LP-SiBuK) Sulsel berharap kepada LAKSUS, agar menjadikan penghargaan itu sebagai motivasi, kontrol diri dan berintegritas.

“Jangan jadikan kebanggaan apalagi menyalahgunakannya. Pokoknya jaga integritas, jaga kepercayaan publik,” tukasnya.

Diketahui, LAKSUS menerima penghargaan karena dinilai berperan aktif sebagai mitra Kepolisian dalam ikut mengawal pemberantasan korupsi di Sulsel.

Direktur LAKSUS, Muh Ansar yang dikonfirmasi membenarkan kalau lembaganya menerima apresiasi dari Polda Sulsel. Menurut Muh Ansar, apa yang dia lakukan merupakan amanah UU No 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, khususnya Pasal 41 Tentang Peran Serta Masyarakat.

“Kami telah melakukan gladi di Mapolda Sulsel. Penghargaan ini akan menjadi motivasi besar bagi LAKSUS untuk terus berperan aktif mengawal pemberantasan korupsi di Sulsel,” tegasnya.

Selain NGO, Polda Sulsel juga memberikan penghargaan kepada empat Jurnalis media cetak dan elektornik yang dinilai aktif menjalin kemitraan dengan Polri. (*)

Komentar Anda

Channel
Comments

Berita lainnya Makassar

Populer Minggu ini

Arsip

To Top