ikut bergabung

AdnanKio Mendaftar ke KPU 5 September Tanpa Kawalan Massa

KPU Makassar telah menerima pendaftaran empat pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar. Siapa pasangan calon favorit menurut Anda?


Politik

AdnanKio Mendaftar ke KPU 5 September Tanpa Kawalan Massa

GOWA, UJUNGJARI.COM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gowa akan mulai membuka pendaftaran pasangan calon peserta Pilkada Gowa 2020 pada 4 September mendatang. Penetapan 4 September sebagai awal pendaftaran bagi pasangan calon ini berdasarkan ketentuan tahapan Pilkada serentak di Indonesia.

Hingga saat ini baru ada satu pasangan calon yang diketahui memastikan diri akan ikut di pilkada nanti, yakni pasangan petahana Adnan Purichta Ichsan dan Abd Rauf Malaganni Kr Kio.

Berdasarkan info yang diperoleh ujungjari.com, diketahui jika Bupati dan Wakil Bupati Gowa ini akan mendaftarkan diri sebagai pasangan calon petahanan ke KPU Gowa dan digadang-gadang putra kedua almarhum Ichsan YL ini akan mendaftar pada 5 September 2020.

Pasangan yang bertagline ‘Doboloki’ ini memilih datang ke KPU Gowa pada hari kedua pendaftaran dengan alasan yang simple. “Insya Allah saya dan pak Abd Rauf Kr Kio akan mendaftar pada Hari Sabtu 5 September, tepat hari kedua pendaftaran dibuka KPU,” kata Adnan kepada wartawan, Senin (31/8/2020) usai mengikuti rakor secara virtual di Baruga Karaeng Galesong Pemkab Gowa.

Sama seperti tradisi yang dilakukannya ayahandanya saat mendaftar sebagai pasangan calon Bupati Gowa dua periode serta pasangan calon pada Pilkada Gubernur Sulsel, maka AdnanKio akan tetap mengawali agenda pendaftarannya dengan salat dhuha lebih dahulu di Masjid Agung Syekh Yusuf, Jl Masjid Raya, Sungguminasa.

Tradisi ini juga telah dilakukan AdnanKio pada periode pertama mendaftar sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Gowa pada empat tahun lebih lalu.

“Iya, kita akan start di Masjid Agung Syekh Yusuf. Tapi tidak akan ada iringan massa pendukung yang dilibatkan dalam agenda pendaftaran itu nanti,” jelas Adnan.

Alasan Adnan simple saja yakni hal itu sebagai bentuk kepatuhan protokol kesehatan dirinya bersama tim pemenangannya dalam mencegah penyebaran covid-19.

Menurut Adnan, pihak yang dilibatkan nanti saat pendaftaran adalah hanya para pimpinan daerah partai politik pengusung AdnanKio.

“Jumlah massa disesuaikan ketentuan KPU. Saya didampingi ketua-ketua partai saja dan ketua tim pemenangan, karena memang jumlahnya harus dibatasi,” tambah Adnan.

Sejauh ini, pasangan AdnanKio sudah mengantongi dukungan 35 kursi parlemen. 35 kursi parlemen itu berasal dukungan delapan partai politik yang telah menyerahkan surat dukungan format KPU, B1-KWK.

Kedelapan partai tersebut yakni PPP (8 kursi), Perindo (4), PKB (4), PAN (3), Demokrat (6), Nasdem (5),  PDIP (2) dan Partai Golkar (3).

Adnan mengatakan masih membuka kesempatan bagi partai lain yang ingin gabung barisan petahana AdnanKio.

Bahkan, Adnan mengaku menyiapkan karpet merah kepada partai politik yang belum bergabung ke barisan pengusung.

Dua partai politik pemilik kursi parlemen di Kabupaten Gowa yang belum bergabung yakni Partai Gerindra dengan 7 kursi dan Partai Keadilan Sejahtera atau PKS 3 kursi.

Adnan mengatakan, Partai Golkar telah memberikan surat dukungan format B1-KWK dan baru diterima Adnan Senin malam ini di kantor Partai Golkar di Jakarta.

“Kita masih terbuka kepada partai-partai yang mau bergabung. Kami memberikan karpet merah yang mau bergabung dengan AdnanKio,” katanya.

Hingga kini belum ada penantang serius untuk pasangan AdnanKio. Sementara ambang batas pengusungan pasangan calon minimal 9 kursi di parlemen Gowa. Artinya, Gerindra dan PKS mesti berkoalisi jika ingin mengusung satu pasangan calon. (sar)

Komentar Anda

Channel

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Politik

Populer Minggu ini

Arsip

To Top