ikut bergabung

The-Za akan Limpahkan Kewenangan Dukcapil ke Lembang dan Kelurahan

Sulsel

The-Za akan Limpahkan Kewenangan Dukcapil ke Lembang dan Kelurahan

MAKALE, UJUNGJARI.COM — Warga Tana Toraja mengeluhkan pelayanan administrasi kependudukan KTP, KK, serta Akte Kelahiran di Dinas Catatan Sipil (Dukcapil) Tana Toraja yang masih berbelit belit.

Keluhan itu sudah berlangsung lama dan sampai sampai saat belum juga dibenahi. Untuk itu, pasangan calon Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung-Zadrak Tombeq (The-Za) sudah menyipkan solusinya. Yaitu melimpahkan wewenang kepada lembang Desa, dan Kelurahan.

Program strategis The-Za ini dirancang untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. “Tidak perlu ke ibukota kabupaten urus KTP, KK, akte kelahiran, cukup di kantor Lembang atau kelurahan saja,” terang Jubir milenial, Owens Lingga, Jumat (6/11).

Pelimpahan kewenangan, kata Owens Lingga, disertai proses digitalisasi, sebab melalui sistem digitalisasi, masyarakat menginput data tinggal di Lembang, lalu dikirim ke Kantor Kecamatan, kemudian OPD tehnis.

Demikian pula administrasi kependudukan, dan perizinan tinggal diurus di Lembang atau Kelurahan seperti IMB dan izin usaha.

“Persingkat prosrs administrasi ini sangat menguntungkan masyarakat, khususnya di pelosok terpencil,” ujarnya.

“Sejumlah birokrasi dipangkas, dan pelayanan pemerintah makin dekat ke masyarakat. Ini adalah terobosan di bidang birokrasi,” ketusnya.

Seiring bertambahnya kewenangan di tingkat Lembang atau Kelurahan, Theo – Zadrak juga menyiapkan remunerasi untuk aparat Lembang sebagai pelayan masyarakat di garda terdepan dalam rangka peningkatan kinerja.

“Kapasitas aparatur juga akan ditingkatkan, termasuk kesejahteraan,” ungkap Owens. (agus)

Komentar Anda

Channel

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top