ikut bergabung

Dua Kelompok Nelayan di Barru Akhirnya Berdamai

Sulsel

Dua Kelompok Nelayan di Barru Akhirnya Berdamai

BARRU, UJUNGJARI.COM — Pertikaian zona wilayah tangkapan ikan antara nelayan tradisional asal Patalellange kelurahan Palanro kecamatan Mallusetasi dengan nelayan Pagae dari Desa Siddo kecamatan Soppeng Riaja. Akhirnya sepakat berdamai.

Perdamaian itu terjadi setelah Sekab Barru Abustan, AB bersama Kapolres AKBP Gregorius Liliek Tribhawono dan Perwakilan Dandim 1405 Mallusetasi memediasi kedua kelompok nelayan tersebut.

Mediasi yang disepakati melalui musyawarah ini berlangsung di ruang data Pemkab Barru, Senin (16/11).

Nelayan tradisional asal Patalellange dengan nelayan Pagae dari Siddo ini berdamai dan bersepakat untuk tidak mengulangi kesalahan.

Perdamaian itu ditandai dengan penandatanganan bersama yang disaksikan Sekab Barru Abustan AB, Kapolres AKBP Gregorius Liliek Tribhawono dan yang mewakili Dandim 1405 Mallusetasi, para Kapolsek, Dan Ramil dan Camat Soppeng Riaja dan Mallusetasi.

Kedua mediator yakni Sekab Barru Abustan dengan Kapolres Barru Gregorius Liliek Tribhawono meminta kedua pihak nelayan melakukan musyawarah dan segera menghentikan konflik.

“Warga Barru itu orang yang suka kebaikan dan kedamaian sebagaimana diterangkan dalam ayat suci Al qur’an, Al Barru Rahim. Jadi kalau ada yang suka berkonflik dan berbuat bukan kebajikan, maka saya yakin itu bukan orang Barru. Kita semua ini bersaudara dan tidak perlu bermusuhan hanya karena masalah wilayah tangkapan ikan,” pungkas Abustan.

Sementara itu Kapolres Barru AKBP Gregorius Liliek Tribhawono berharap musyawarah berakhir dengan kebaikan sebab kedua nelayan bersaudara.

“Saya minta masalah ini diselesaikan secara damai dan kita tidak ingin masalah tersebut langsung dibawa ke ranah hukum. Lebih baik diselesaikan secara kekeluargaan dulu. Tetapi jika tidak ada kesepakatan, maka bagi yang melakukan pengrusakan bisa dipidana 5 tahun penjara,” pungkas AKBP Liliek.  (Udi)

Komentar Anda

Channel

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top