ikut bergabung

Abustan Minta Warga Waspadai La Nina

Sulsel

Abustan Minta Warga Waspadai La Nina

BARRU, UJUNGJARI.COM — Sekab Barru, Abustan AB, yang saat ini merangkap jabatan secara ex officio sebagai kepala BPBD memimpin apel kesiapan personil dan kelengkapan search and rescue (SAR) yang diinisiasi Polres Barru di halaman kantor Bupati Barru, Minggu (15/11).

Dalam amanatnya, Sekretaris Kabupaten Barru membacakan amanat tertulis Plt. Bupati Barru Nasruddin Abdul Muttalib. Secara khusus Sekab Abustan meminta seluruh warga untuk mewaspadai gejala alam La Nina.

“Ada bencana ataupun tidak, kita tetap siaga untuk menghadapi bencana. Kami minta seluruh warga mewaspadai La Nina, yang berpotensi menyebabkan terjadinya bencana alam, seperti angin kencang dan banjir,” pinta Abustan.

Mantan Kepala Bappeda ini mengingatkan bahwa berdasarkan data yang diterima, kemungkinan ada potensi La Nina dipenghujung 2020 sampai awal 2021.

Disebutkan pula, bahwa Apel kesiagaan nasional dan peralatan SAR ini untuk menghubungkan setiap elemen penting dalam kebencanaan.

“Apel ini manifestasi kesiapan daerah, Untuk melatih diri untuk secara terus-menerus agar tim dapat bekerja pada situasi kapan dan apapun,” imbuhnya.

Agenda ini juga untuk menyegarkan kembali pengetahuan sehingga dapat meningkatkan pengambilan langkah apabila tejadi kondisi yang tidak diharapkan.

Sekretaris Daerah Barru yang baru saja berulang tahun ke 52 ini, mengajak semua pihak dan instansi untuk waspada dan bersinergi.

“Belajar dari pengalaman, bencana harus ditangani dengan prinsip cepat dan terpadu bersama-sama, Saya memohon agar hal ini menjadi habituasi (kebiasaan baik), utamanya mengenai pemahaman siapa melakukan apa, dan apa yang harus dilakukan,” ucap Abustan.

Seruan dimaksud adalah agar setiap elemen di Barru mendoakan agar daerah yang bernafaskan keagamaan ini, dapat terbebas dari bencana baik alam maupun lainnya semisal kerugian atau jatuhnya korban.

Apel di hari Minggu ini, menyiagakan sederetan kendaraan dari semua instansi stakeholder kebencanaan yang berada dibawah garis koordinasi penanggulangan bencana daerah.

Dalam apel ini ikut dihadiri Kapolres Barru Gregorius Liliek Tribhawono, beberapa aparatur TNI/Polri. Juga turut diikuti Unsur Forkopimda lainnya dan Pejabat Pemerintah Daerah termasuk Kepala Pelaksana BPBD Hj. Nasriah Madjid.  (udi)

Komentar Anda

Channel

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top