ikut bergabung

SDM Tertinggal, SDA Rusak; Saatnya Maros Memilih Pemimpin yang Tepat

Politik

SDM Tertinggal, SDA Rusak; Saatnya Maros Memilih Pemimpin yang Tepat

MAROS – Pilkada Maros 2020 dianggap sebagai kesempatan terbaik keluar dari keterpurukan selama beberapa tahun belakangan. A Aldy Amsil, pengurus PB HMI Periode 2013-2015 membuat tulisan khusus untuk menyambut hari pencoblosan. 

Berikut tulisannya;

SDM Tertinggal, SDA Rusak; Saatnya Maros Memilih Pemimpin yang Tepat

BELAJAR dari kesalahan masa lalu. Hal yang mutlak

dilaksanakan jika orang ingin lebih berhasil di masa depan. Kegagalan masa lalu akan bisa menjadi pedoman tentang apa-apa yang harus diubah dan diperbaiki agar kemudian tidak terulang lagi di masa depan.

Demikian pula dengan persoalan birokrasi. 

Tahun 2020 ini, merupakan tahun terakhir di periode kedua bagi Bupati dan Wakil Bupati Maros, memimpin kabupaten dengan julukan Butta Salewangang ini.

Kabupaten Maros dikenal sebagai kabupaten penyangga Kota Makassar. Karena Kabupaten Maros merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan ibu kota Propinsi Sulawesi Selatan dan sekaligus terintegrasi dalam pengembangan Kawasan Metropolitan Mamminasata. 

Maka posisi kepala kepemerintahan Kabupaten Maros membutuhkan sosok pemimpin tidak hanya cerdas tapi juga memiliki pengalaman, jiwa sosial yang tinggi bermasyarakat serta berintegritas. Serta paham betul kondisi, baik dari segi ekonomi budaya serta potensi Kabupaten Maros di masa depan.

Seiring perkembangan zaman dan kemajuan ilmu pengetahuan dan masuknya budaya baru, masyarakat Kabupaten Maros harus menigkatkan kualitas sumber daya manusia. Baik dari segi skill dan pengetahuan, serta jaringan yang kuat dalam upaya membentuk komunal yang punya daya saing. Meski identitas lokal namun skill menasiaonal.

Tercermin oleh salah satau tokoh lokal asli putra Maros yaitu Andi Tajerimin yang kemudian memantapkan diri secara total untuk tanah kelahirannya.

Belajar dari rezim sebelumnya dinilai tidak memiliki totalitas dan integritas dalam upaya pengembangan SDM serta pengelolaan lingkungan sumber daya alam (SDA) yang kurang baik, saatnya perubahan. Mereka asyik memperkaya diri membangun dinasti kapital serta melakukan korupsi dan nepotisme yang kami anggap hal tersebut adalah kejahatan yang terorganisir secara epic.

Tetapi syukurlah. Di momen Pilbub 2020 Kabupaten Maros sosok Andi Tajerimin serta pasangannya, Havid S Pasha hadir. Berupaya mendobrak dan melakukan terobosan yang dianggap solusi luar biasa dalam upaya terwujudnya masyarakat adil, makmur.

Kmudian mampu menjadi hegemoni (pengaruh) yang etis tanpa menghilangkan kearifan lokal (local wisdom). Cerminan niatan yang baik itu kemudian tertuang dalam visi dan misi Tahfidz. Poinnya adalah:
Visi : “Maros menuju kota 3 Dimensi Kejayaan”. Visi itu kemudian diangkat dalam kalimat “Maros untuk Semua : Jaya di Darat, Jaya di Gunung dan Jaya di Laut”.

Penjabaran maksud dari visi tersebut itu kemudian tertuang dalam konsepsi gagasan misi yang terdiri atas:
1. Membangun kualitas manusia. Maros sehat, cerdas, sejahtera, dan religius.

2. Pembangunan daya saing ekonomi daerah. Maros pusat agro industri, agrowisata, dan ekowisata

3. Pengembangan kawasan, tata ruang, dan lingkungan. Maros bersih dan hijau, tertib dan rapi.

4. Pembangunan pemerintahan dan pelayanan publik. Maros smart terintegrasi adil dan partisipasi. 

5. Pembangunan politik Hukum dan HAM. MAROS demokrat dan bebas KKN.

Lima Program Gratis dan 18 Program Unggulan membuat mereka satu-satunya paslon yang betul-betul berorientasi pada pembangunan kesejahteraan masyarakat Maros. Guna terwujudnya masyarakat adil, makmur yang diridahi Allah Swt. 

Pemilihan umum lokal yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020 di Kabupaten Maros diharapkan mampu menjadi catatan baru menghantarkan Andi Tajerimin dan Havid S Pasha menjadi bupati dan wakil bupati Maros periode 2021-2026, insyaallah.

Mari kita sama-sama melakukan gerakan akal sehat agar lahir pemimpin yang berakal sehat pula. Tahfidz menang, Maros sejahtera. (*) 

Komentar Anda

Channel

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Politik

Populer Minggu ini

Arsip

To Top