ikut bergabung

BPN Terbitkan Sertifikat Tanah Gratis 3.576 Bidang 

Sulsel

BPN Terbitkan Sertifikat Tanah Gratis 3.576 Bidang 

PANGKEP,UJUNGJARI–  Selama 2020, Program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap( PTSL)  Badan Pertanahan Nasional ( BPN) Pangkep sudah menerbitkan sertifikat tanah gratis sebanyak 3.576 bidang dari target sebanyak  7.250 bidang. 

Tetapi selama masa pandemi covid 19. Penerbitan sertifikat dibatasi. Untuk kali ini BPN melakukan penyerahan secara simbolis di Desa Alesipitto sebanyak 50 bidang dari target 750 bidang dan di Bonto-bonto sebanyak 50 bidang dari 300 bidang yang ditargetkan. 

Kepala ATR/ BPN Pangkep, Siti Aminah, mengatakan, sertifikat tanah yang diserahkan ini adalah program Pendaftaran tanah sistematik lengkap(PTSL) tahun 2020.

Diakui Aminah bahwa program PTSL ini , tidak dipungut biaya dan digratiskan kepada masyarakat.

Untuk menghindari kerumunan dimasa pandemi covid-19, maka penyerahan sertifikat dilakukan secara bertahap dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Secara simbolis, hari ini diserahkan secara sertifikat sebanyak 50 bidang di desa Alesipitto dari target 750 bidang. Begitupun di kelurahan Bonto-bonto secara simbolis diserahkan 50 bidang dari target 300 bidang,” aku Aminah.

Selama 2020 ini pihak ATR/BPN Pangkep telah menerbitkan sertifikat tanah dalam program PTSL  sebanyak 3.576 bidang. Meski sebenarnya ada target awal sebanyak 7.250. 

Namun karena situasi pandemi Covid-19, sehingga ada sejumlah sertifikat yang penerbitannya tertunda dan dialihkan ke penerbitan priode berikutnya.

Melalui sertifikat ini, ia berharap dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya, diharapkan sertifikat ini dijadikan sebagai modal usaha.

“Sertifikat ini sudah bisa dijadikan agunan untuk menambah modal usaha masyarakat dalam mengembangkan usaha,” ujarnya.

Hasnah, salah seorang warga penerima sertifikat tanah, menyampaikan terima kasih kepada pemerintah dengan adanya program PTSL ini. 

“Hal tersebut membuktikan jika kami tidak lagi merasa khawatir dengan hak kepemilikan dari tanah ini, karena itu, kita sangat terbantu dengan adanya program sertifikat tanah gratis,” tandas Hasnah.( udi)

Komentar Anda

Channel

Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top