ikut bergabung

120 Perempuan Diswab-test, PKK Gowa Tracking Covid-19

SWAB. Salah seorang kader PKK Gowa saat menjalani swab test di gedung Haji Bate Sungguminasa.(foto/ist)

Sulsel

120 Perempuan Diswab-test, PKK Gowa Tracking Covid-19

GOWA, UJUNGJARI.COM — Sebanyak 120 orang perempuan yang berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Gowa mengikuti swab test secara gratis yang diselenggarakan TP PKK Gowa. Swab test ini berlangsung mulai pukul 09.00 Wita sampai selesai di gedung Haji Bate Sungguminasa, Rabu (16/12/2020).

Ketua TP PKK Gowa Priska Paramita Adnan disela giat swab test ini mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember 2020.

Selain Hari Ibu, kata Priska juga dilakukan sebagai upaya trackng mengingat kasus covid-19 di Indonesia termasuk Sulsel dan Kabupaten Gowa mengalami peningkatan.

” Deteksi dini dan tracking harus dilakukan sebagai langkah awal dalam memutus mata rantai penularan covid-19. Tentunya tidak hanya di Gowa yang mengalami peningkatan kasus tapi di Sulsel juga seperti itu dimana jika dilakukan swab test seperti ini kita bisa mendeteksi dini dan melakukan tracing lebih awal sehingga kesadaran diri dalam mengikuti tes itu sangat penting,” kata Priska didampingi Sekretaris TP PKK Gowa Adriana Djamaluddin.

Dikatakan istri Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, kegiatan ini terbuka untuk masyarakat umum bagi siapa saja yang ingin melakukan swab, namun khusus pengurus PKK baik tingkat kabupaten, kecamatan muapun desa dan lurah menjadi wajib untuk ikut swab test ini. 

” Sebenarnya kita target minimal 100 orang yang terdaftar dan kita juga buka bagi orang yang mungkin datang karena membaca pamflet. Tapi bagi PKK desa dan lurah di Kecamatan Pallangga dan Somba Opu kita wajibkan ikut, karena sebagai tokoh perempuan apalagi daerah yang cukup tinggi angka terkonfirmasinya bisa jadi contoh bagi masyarakatnya dan menganggap stigma swab tidak menjadi momok dan semenakutkan yang dipikirkan,” jelas Priska. 

Baca Juga :   Wahdah Islamiyah Akui Peran Ilham Azikin Tingkatkan SDM di Bantaeng

Ia meminta bagi siapa saja yang mengikuti tes massal ini agar melakukan isolasi mandiri minimal sebelum hasil diketahui. 

” Kita harap hasil bisa diketahui lebih awal karena sebagaimana yang kita ketahui pemeriksaan hasil spesimen ada di provinsi sehingga kami imbau yang mengikuti swab harus isolasi mandiri sampai hasil swab keluar,” imbaunya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa dr Hasanuddin mengatakan pihaknya menurunkan kurang lebih 20 tenaga kesehatan yang terdiri dari nakes Puskesmas Pallangga, Somba Opu dan Puskesmas Samata. 

” Kegiatan ini sangat membantu Kabupaten Gowa dalam mentracking angka penularan covid-19 di Kabupaten Gowa, sehingga dalam bentuk dukungan kita turunkan puluhan nakes dari tiga puskesmas untuk melakukan swab lengkap dengan APDnya,” kata dr Hasanuddin.

dibaca : 30

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel


Populer Minggu ini

Arsip

To Top