ikut bergabung

Tips Dokter Wachyudi Muchsin Agar Puasa Tetap Sehat di Tengah Pandemi Covid-19

dr Wachyudi Muchsin

Berita

Tips Dokter Wachyudi Muchsin Agar Puasa Tetap Sehat di Tengah Pandemi Covid-19

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Dalam melaksanakan ibadah puasa, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah makanan yang dikonsumsi saat sahur maupun buka puasa.

Sebagai hal yang penting, dr Wachyudi Muchsin SH MKes membeberkan pemilihan makanan yang baik untuk dikonsumsi ketika buka puasa.

“Dalam berbuka puasa, mesti mengonsumsi makanan dengan penghasil energi yang baik terlebih dahulu. Misalnya saja, kurma dan buah-buahan segar lainnya. Setelah itu, kamu boleh mengonsumsi makanan utama, seperti nasi, lauk pauk dan sayuran untuk mengisi energi dalam tubuh,” kata Wachyudi.

Baca Juga

Tak hanya itu, Wachyudi menjelaskan pentingnya air putih saat buka puasa. “Hindari konsumsi teh, kopi dam minuman yang bersoda. Sebab, dapat mengakibatkan efek duretik dan cepat haus,” jelasnya, Kamis (15/4/2021).

“Minumlah air putih minimal 8 gelas saat berbuka puasa dan sebelum tidur,” ucap Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar itu.

Lanjut Dokter Koboi panggilan akrab Yudi bahwa menjaga kondisi tubuh ketika berpuasa teramat penting. Pemilihan makanan dan minuman yang baik, justru akan membuat badan tetap sehat dalam menjalankan aktifitas di bulan puasa. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 harus tetap sehat hindari dulu minuman es berlebihan untuk tidak batuk atau demam sebab gejala mirip Covid-19.

“Prinsipnya makanan dan minuman yang tepat saat puasa tidak membuat kita dehidrasi dan kelaparan serta tidak menggangu pencernaan kita, dan saat Taraweh di masjid tetap protap kesehatan ketat seperti memakai masker, menjaga jarak dan sediakan sabun di tempat wudhu,” terang Dokter Yudi yang juga Kabag Hunas dan Kerjasama UIM ini. (*)

Baca Juga :   Silaturahmi Virtual, Ketua PKK Makassar Edukasi Kader Soal Keamanan dan Mutu Pangan

dibaca : 4



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top