ikut bergabung

Persiapan Operasi Ketupat 2021, Ini Kesepakatan Polri dengan Sejumlah Kabinet RI

RAKOR. Karo Penmas Polri BJP Rusdi Hartono saat menyampaikan hasil rakor bersama jajaran pemerintah terkait pengamanan lebaran Idul Fitri 2021.(foto/ist)

Berita

Persiapan Operasi Ketupat 2021, Ini Kesepakatan Polri dengan Sejumlah Kabinet RI

JAKARTA, UJUNGJARI.COM — Ramadan telah memasuki hari ke sembilan. Karena itu jajaran Polri mulai melakukan sejumlah persiapan menghadapi lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah.

Salah satu yang dilakukan Polri adalah melaksanakan rapat koordinasi dengan sejumlah kabinet terkait pemerintahan dengan sasaran pembahasan antara lain terkait kesiapan kebutuhan pokok, sarana infrastruktur jalan, kesehatan hingga menyoal corona virus disease 2019 (covid 19).

Rakor yang berlangsung di Mabes Polri, Rabu (21/4/2021) siang tadi menghadirkan beberapa Kementerian terkait dalam rangka persiapan Operasi Ketupat tahun 2021.

Karo Penmas BJP Rusdi Hartono dalam rakor yang bertempat di Rupattama Mabes Polri, mengatakan rakor ini dilakukan untuk menyamakan persepsi dan juga menyamakan langkah di lapangan khususnya dalam kegiatan Idul Fitri pada pertengahan Mei mendatang.

Dalam rakor itu, Menteri Perdagangan membahas masalah kesiapan terkait ketersediaan dan juga masalah harga kebutuhan pokok yang bisa dipertahankan selama Ramadan maupun Idul Fitri nanti.

” Semua sepakat bagaimana kebijakan pemerintah dapat berjalan dengan baik. Pada satu sisi seluruh kebutuhan pokok masyarakat selama Ramadan dan Idul Fitri itu dapat terpenuhi. Itu sudah disepakati dan kami (Polri) tinggal melaksanakan pengamanan Idul Fitri itu bersama-sama dengan pihak pemerintah,” kata Karo Penmas BJP Rusdi Hartono.

Dikatakannya, pada Idul Fitri 2020 lalu, dimana kondisi pandemi covid 19 cukup tinggi, dan tercatat pasca libur panjang lebaran tersebut terdapat data adanya peningkatan konfirmasi positif virus corona sampai 93 persen. Dan data meninggal pada mingguan meningkat hingga 63 persen.

Baca Juga :   Bupati Basli Ali Inspektur Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi RI ke-78

” Mendasari kondisi pandemi pada Idul Fitri 2020 lalu, pemerintah mengeluarkan kebijakan yaitu larangan mudik untuk Ramadan maupun Idul Fitri  2021 ini. Makanya kita mau satukan persepsi agar kita secara bersama-sama mengawal bagaimana aktivitas Idul Fitri ini dapat berjalan dengan aman, khidmat dan selamat. Tentunya tidak terjadi lagi apa yang terjadi pada 2020 lalu,” jelas Karo Penmas BJP Rusdi Hartono.

Oleh karena itu, pemerintah mengajak masyarakat agar dengan kesadaran penuh dapat menindaklanjuti kebijakan pemerintah untuk tidak melakukan mudik pada Idul Fitri 2021.

” Inilah yang dibahas dalam rapat koordinasi tersebut. Jadi kita menyamakan persepsi dan juga menyamakan langkah-langkah dalam rangka mengantisipasi Idul Fitri 2021 sehingga dapat berjalan dengan aman dan khidmat.

dibaca : 5

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Berita


Populer Minggu ini

Arsip

To Top