ikut bergabung

Bupati Barru Optimis Janji Politik Tuntas 3,5 Tahun

Sulsel

Bupati Barru Optimis Janji Politik Tuntas 3,5 Tahun

BARRU, UJUNGJARI.COM — Dimasa periode kedua bupati Barru Suardi Saleh merasa optimis jika akan menuntaskan sejumlah janji politiknya dalam waktu sekitar 3,5 tahun

Bupati Barru Suardi Saleh mengungkapkan hal ini saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Barru 2016-2021 di menara lantai VI Pemkab Barru, Kamis (20/5).

Musrenbang juga dihadiri legislator DPR RI drg. Hj. Hasnah Syam MARS, pihak Pemprov Sulsel dan disaksikan para undangan dari pihak Pemda Kabupaten/Kota tetangga seperti Soppeng, Pangkep, Maros dan Wakil Pemkot Parepare, termasuk dihadiri oleh semua perwakilan stakeholder pembangunan daerah termasuk akademisi, insan pers dan aktivis LSM.

“Insya Allah, kehadiran kita semua, diharapkan memberikan masukan, ide dan gagasan yang bersesuaian dengan visi dan misi yang kami ajukan pada saat kampanye pemilukada pada beberapa waktu yang lalu, saya yakin dan optimis bahwa apa yang dicita-citakan untuk membangun Barru yang maju dan sejahtera bisa kita wujudkan,” Ucap  Suardi.

Suardi juga mengumumkan visi pembangunan daerah 2021-2026 yakni ‘Kabupaten Barru Yang Sejahtera, Mandiri, Berkeadilan, dan Bernafaskan Keagamaan’.

Visi ini merupakan cita cita dan mimpi besar yang diharapkan menjadi guidens atau petunjuk arah yang kemudian dijabarkan ke dalam 10 janji politik yang pernah ia sampaikan saat dibersamai Wakil Bupati Barru Kompol Purnawirawan Aska Mappe SH, berkampanye di masa Pemilukada serentak 2020, lalu.

“Aktualisasi dan tuliskanlah dengan baik ide dan gagasan tersebut, dan kerjakanlah apa yang anda tuliskan, Saya dan kita semua meyakini bahwa, kalau kita kerjakan apa yang telah kita tuliskan, maka cita-cita besar yang telah disepakati tersebut dengan mudah dapat diwujudkan,” tandasnya.

Kesepuluh janji politik yang menjadi harapan Suardi bisa terwujud dalam waktu 3,5 tahun yakni;

1. Penuntasan Reformasi Birokrasi/Pemerintahan Melayani;
2. Pendidikan dan Kesehatan yang berkualitas;
3. Modernisasi Pertanian;
4. Infrastruktur Fisik dan Ekonomi berbasis wilayah;
5. Pembangunan Kawasan Industri Halal serta BLK;
6. Bantuan Modal Kerja bagi UMKM;
7. Pembangunan Sektor Pariwisata berbasis masyarakat;
8. Optimalisasi peran pemuda dan Olahraga;
9. Aktualisasi nilai seni Budaya;
10. Pembangunan dan Optimalisasi Rumah Tahdfiz di Setiap Kecamatan.

Bupati Barru dengan detail menjabarkan item per item janji yang telah disingkronkan dengan regulasi dan kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemprov Sulsel, serta memberikan arahan maksud dan tujuan termasuk instruksi strategis.

“Akhirnya, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Musyawarah Perencanaan RPJMD Kabupaten Barru Tahun 2021-2026 saya nyatakan dibuka secara resmi Semoga apa yang kita lakukan hari ini dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan serta mendapat Ridho dari Allah SWT,” ucap Suardi.

Sementara itu, Asisten Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Pemprov Sulsel, Drs. Muhammad Firdha, M.Si yang hadir dan memberikan arahan, mengapresiasi RPJMD Kabupaten Barru dan berharap agar segera ditetapkan dengan Paraturan Daerah agar mempunyai kekuatan hukum.

“Ini nantinya wajib dipedomani oleh seluruh pemangku kepentingan dalam merencanakan dan melaksanakan program dan kegiatan pembangunan 5 (lima) tahun kedepan,” sebut Muhammad Firdha.

Musrembang ini juga dihadiri Wakil Bupati Barru Kompol Purnawirawan Aska Mappe, Ketua DPRD Barru Lukman T, Sekda Dr. Abustan M.Si, Unsur Forkopimda Barru, Pejabat perangkat daerah termasuk Plt. Kepala Bappeda Umar, S.KM, M.Kes selaku pejabat leading sektor, dan jajaran Pejabat perangkat daerah termasuk camat dan kades.  (Udi)

Komentar Anda

Channel

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top