ikut bergabung

Gasak Uang Dua Puluh Juta Di Mappak, Pelaku Diancam 5 Tahun Penjara

Sulsel

Gasak Uang Dua Puluh Juta Di Mappak, Pelaku Diancam 5 Tahun Penjara

MAKALE, UJUNGJARI–Reskrim Polres Tana Toraja, Kamis (19/8) rilis tindak pidana spesialis pencurian rumah kosong.

Pelakunya inisial ER (19) warga Sese’ Simbuang, Toraja Barat. Pelaku adalah spesialis pencurian rumah kosong disore hari.

Dari lima kali pencurian dilakukan ER, terbesar di rumah korban Martinus Tato, warga Mappak, menggasak uang sebesar Rp 20 juta.
Kejadiannya, Minggu (1/8), dan 18 hari kemudian setelah dilakukan penyelidikan, pelaku ditangkap, Rabu (18/8) kemarin, saat pelaku pulang kerumahnya di Sese’, terang Kasat Reskrim AKP H.Syamsul Rijal, didampingi Kaurbin Ops Satreskrim iptu Aksan, saat konfrensi Pers di Polres Tana Toraja.

Kata H.Suamsul Rijal, pelaku mengakui semua perbuatannya di depan penyidik. Pelaku dijerat pidana penjara 5 tahun, sesuai pasal 362 KUHP tentang pencurian, dengan barang bukti 3 unit motor, Yamaha R15, Vixion, dan Revo.

Uang digasak pelaku dari rumah korban Martinus Tato, pelaku gunakan beli dua motor Yamaha R15 Nopol B 3609 PAM,  dan Vixion DD 4428 KK, dan selebihnya untuk poya-poya.

Kasus pencurian serupa dirilis Reskrim Polres Tana Toraja yakni di Turunan, Kecamatan Sangalla, dengan pelaku inisial FR (17), gasak uang korbannya Lius Rp 4.900.000.

Pelaku menciri uang Rp 4.900.000, dalam celengan korban saat korban keluar rumah. Pelaku gunakan uang hasil curiannya untuk beli ayam jago 2 ekor seharga Rp 1,2 juta, dan selebihnya untuk berpoya-poya, dan judi sabung ayam.

Lanjut H.Syamsul Rijal, meskipun  pelaku anak masih dibawa umur, tetap dilakukan penahanan guna pengembangan proses penyelidikan.

Kasus terakhir dirilis Reskrim Polres Tana Toraja adalah perampokan di Bittuang, dengan terlapor 7 orang. Namun menyulitkan bagi penyidik karena korban tidak konsisten, keterangannya selalu berubah.

Menurut H.Syamsul Rijal, setelah penyidik mencermati alur perampokan sesuai alibi penyidik tidak menutup kemungkinan pelaku juga adalah pelapor dan boleh jadi ada dibalik itu yang disembunyikan, kecurigaan penyidik ada keadaan dibuat dan disembunyikan juga tidak masuk akal. (agus)

Komentar Anda

Channel


Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top