ikut bergabung

Peduli Olahraga, Forkopimda hingga Akademisi Sulsel Diganjar Penghargaan Haornas

Berita

Peduli Olahraga, Forkopimda hingga Akademisi Sulsel Diganjar Penghargaan Haornas

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Pemerintah memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada sejumlah tokoh yang dianggap berkontribusi dan peduli terhadap peningkatan prestasi olahraga nasional.

Hal itu ditunjukkan melalui penyerahan penghargaan oleh Presiden RI Joko Widodo pada puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke 38 yang digelar, Kamis 9 September 2021. Acara pemberian penghargaan dalam rangka Haornas juga akan berlangsung di Sulsel.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel, Andi Arwin Azis mengatakan, tokoh-tokoh yang diberi penghargaan tersebut antara lain dari unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Di dalamnya termasuk Ketua DPRD Sulsel, Pangdam XIV Hasanuddin, Kapolda Sulsel, Danlantamal VI Makassar serta Kajati.

Ia mengakui, peran tokoh-tokoh ini sangat berpengaruh meningkatkan prestasi olahraga di Sulsel melalui pembinaan dibeberapa cabang olahraga (cabor).

“Pangdam ini contohnya, dikatakan peduli olahraga lantaran terdapat beberapa anggota TNI yang menjadi atlet dan pelatih diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk mengembangkan diri, Bahkan beberapa dari mereka mewakili Sulsel. Tentunya ini menjadi sebuah potensi dalam upaya mengangkat harkat martabat daerah di tingkat nasional maupun internasional,” ujar Arwin.

Begitupun Ketua DPRD Sulsel, cabor yang dibinanya bahkan mengikuti PON XX Papua.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Kapolda Sulsel dengan concern membina beberapa cabor, diantaranya menembak, bola voli, dan judo.

Tiga cabor binaan Kapolda Sulsel tersebut, kata Arwin, ditarget berkontribusi membawa medali emas di PON Papua nanti.

“Danlantamal juga diapreasi karena membina cabor parairan seperti layar. Beliau memberi keleluasaan bagi atlet memanfaatkan kawasan Mako Lantamal bdigunakan untuk berlatih dan menyimpan peralatan mereka yang sekaligus mendapatkan pemeliharaan yang baik. Begitu besar perhatian beliau ini dalam memajukan olahraga di Sulsel. Termasuk Kajati yang membina cabor tarung derajat,” ucap Arwin.

Penghargaan juga diberikan kepada unsur akademisi, dalam hal ini, Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar (FIK UNM).

Arwin menuturkan, selama ini sumber daya FIK UNM membantu dalam penerapan iptek olahraga (sport science). Sebagian besar dari mereka terlibat dalam proses pembinaan olahraga. Dengan kata lain, FIK UNM menjadi salah satu mitra strategis Dispora maupun KONI Sulsel dalam membina cabor.

Sementara, di sektor usaha, apresiasi diberikan kepada Kalla Inti Karsa selaku pengelola Nipah Mall. Arwin menyebut, sejak pandemi covid-19, Nipah Mall menjadi satu-satunya pusat perbelanjaan yang menyiapkan area khusus olahraga.

“Beberapa cabor disiapkan tempat berlatih (venue) di Nipah Mall seperti anggar, karate, panahan, dan basket. Nipah termasul mall yang adaptif terhadap kebutuhan berolahraga.
Mall ini telah membantu Pemerintah dalam membudayakan dan pemassalan olahraga di tengah-tengah masyarakat. Sehingga Gubernur patut mengapresiasi dengan memberikan penghargaan,” tutur Arwin.

Ia berharap, ruang publik atau pusat perbelanjaan lain dapat mengadaptasi apa yang dilakukan managemen Nipah Mall tersebut. Sebab, olahraga, bukan hanya urusan pemerintah.

Sebagaimana arahan Presiden Jokowi pada Haornas tahun lalu, yang meminta kepada seluruh stakeholder olahraga bersama memberikan perhatian terhadap pembinaan cabor.

Olehnya itu, lanjut Arwin, pembinaan cabor menjadi tanggung jawab bersama. Bukan hanya urusan kemenporan, Dispora atau KONI. Tapi juga masyarakat dan pengusaha diharapkan ikut ambil bagian dalam meningkatkan prestasi olahraga.

“Karena pembinaan olahraga ini menjadi urusan kita semua,”tegasnya.

Arwin menambahkan, jika tak ada halangan, penghargaan tersebut diserahkan oleh Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman kepada masing-masing penerima secara langsung di Baruga Lounge Kantor Gubernur sebelum peringatan Haornas di Jakarta yg dilaksanakan secara daring.

Adapun tema Haornas tahun ini adalah “Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju”. Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, Haornas tahun ini diperingati secara hybrid yakni daring dan luring.

Di pusat, Haornas secara luring dipusatkan di GOR POPKI Kemenpora, Cibubur, Jakarta Timur yang akan dihadiri langsung Presiden Joko Widodo dan diikuti oleh gubernur dan bupati/wali kota secara daring. (**)

Komentar Anda

Channel


Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top