ikut bergabung

Kredit PUR Macet, Ratusan Nelayan di Galesong Bakal Gigit Jari

Sulsel

Kredit PUR Macet, Ratusan Nelayan di Galesong Bakal Gigit Jari

TAKALAR, UJUNGJARI.COM — Ratusan nelayan di Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar bakal gigit jari tak bisa lagi melakukan akad kredit di sejumlah perbankan. Pasalnya, nelayan yang menjadi nasabah Bank Sulsel Takalar diduga tidak melunasi akad kreditnya yang jatuh tempo sejak 2020 lalu.

” Kami sangat kesulitan mengakses kredit di sejumlah perbankan, karena nama kami masuk kategori nasabah yang tidak melunasi tunggakan kredit di Bank Sulsel macetnya kredit kami itu disebabkan larangan melaut akibat penyebaran virus corona,” kata Sanuddin, salah seorang nelayan Galesong.

Diketahui, kredit bertitel Pundi Usaha Rakyat (PUR) dikucurkan oleh pihak Bank Sulsel tahun 2018 – 2019 untuk 282 nelayan dengan akad kredit per nelayan sebesar Rp 50 juta.

Informasi yang berhasil dihimpun oleh media ini menyebutkan, jumlah kredit macet tersebut mencapai nilai kurang lebih 10 miliar rupiah.

Salah satu juragan nelayan berinisial GR yang dianggap sebagai penjamin atas kucurnya kredit PUR tersebut membenarkan bahwa kredit tersebut gagal lunas hingga jatuh tempo di 2020 akibat mewabahnya virus pandemi.

” Iya, kami tidak mampu melunasi kredit PUR itu karena pandemi corona, dimana sejumlah Patorani kami tidak melaut akibatnya hasil tangkapan berupa telur ikan tidak mampu kami kumpulkan,” ungkap GR saat dikonfirmasi via ponselnya, Sabtu (25/9/2021).

Meski kredit PUR telah macet, namun tidak menyurutkan langkah GR untuk tetap membangkitkan semangat nelayan Patoraninya untuk terus berburu telur ikan.

Hal itu dikatakannya mengingat tunggakan kredit di Bank Sulsel Takalar harus segera dilunasi.

” Saya tetap bertanggung jawab melunasi kredit itu, bahkan saya sudah dua kali mendatangj Bank Sulsel Takalar untuk memohon dibijaksanai dalam pelunasan kredit itu, karena kondisi saat ini sedang tidak bersahabat,” aku GR.-

Komentar Anda

Channel


Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top