ikut bergabung

Rektor UNM: Alumni UNM Tidak Boleh Jadi Pengangguran Intelektual

Berita

Rektor UNM: Alumni UNM Tidak Boleh Jadi Pengangguran Intelektual

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam,M.TP., IPU., ASEAN Eng memberikan motivasi dan inspirasi kepada 1000 wisudawan program Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktor agar para alumni dapat bertarung di dunia kerja, pada kegiatan wisuda periode November 2021, Kamis (4/11/2021).

“Harapan saya selalu, semua alumni UNM tidak boleh ada pengangguran intelektual. Mengapa saya berkeyakinan seperti itu, UNM sebagai universitas bervisi kewirausahaan telah menetapkan matakuliah kewirausahaan sebagai matakuliah wajib diikuti seluruh jenjang pendidikan,” tegas Mantan Dekan FT dua periode ini.

Menurut Guru Teknologi Pertanian ini, para mahasiswa sudah memiliki kompetensi dan keterampilan kewirausahaan sehingga sudah memiliki bekal di semua sektor pekerjaan untuk berkompetensi.

Pada bagian lain pengarahan Rektor UNM, mengajak alumni program sarjana untuk segera melanjutkan ke program magister dan setelah itu program doktor.

Jika hitungan saya umur rata-rata alumni 21, 22, atau 23 tahun dan lanjut ke S-2 cukup 2 tahun dan dilanjutkan ke S-3 bisa ditempuh 3 atau 4 tahun sehingga usia 25 tahun sudah bergelar doktor.

Dengan gelar doktor, para alumni lebih mudah memeroleh pekerjaan apalagi dalam masa usia muda.

Kepala BPKP Perwakilan Sulawesi Selatan, Dr. Arman Sahri Harahap, alumni Program Studi Administrasi Publik (S-3) diberi kehormatan mewakili alumni untuk menyampaikan testimoni pengalaman akademik menjalani pendidikan doktor di tengah kesibukannya yang sangat padat.

Dalam testimoninya, Arman Sahri Harahap, menyanjung proses akademik di UNM. Meski bertindak sebagai pejabat publik, bukan berarti memeroleh kemudahan dalam proses akademik perkuliahan. Dia salut kepada Pak Rektor selaku promotor atas kesediaan melakukan diskusi hebat dalam proses pembimbingan.

Arman juga sepakat dengan visi UNM untuk mencetak para alumninya menjadi wirausaha. Sebab, persaingan menjadi ASN sangat ketat, sementara menjadi pengusaha sangat terbuka lebar.

“Saya bangga menjadi UNM. Saya betul menjalani proses akademik di UNM sesuai standar doktor via riset karena memenuhi syarat sebagai calon mahasiswa yang telah menjadi praktisi keilmuan bidang administrasi publik,” kata Arman sumringah disambut tepukan meriah pada tamu.

Dalam acara wisuda, hadir pula Ketua Umum DPP IKA UNM, DR (HC) Drs. H. Andi Muhammad Nurdin Khalid. Ketua Umum IKA UNM senantiasa bersama dalam setiap momentun yang dilaksanakan UNM sebagai wujud partisipasi dalam membesarkan panji-panji almamater.

Nurdin Khalid yang juga selaku fungsionaris DPP Golkar dalam sambutannya, mengemukakan fenomena kapitalis global dan perubahan iklim telah mengancam dunia dan Indonesia.

Karena Indonesia telah menjadi  bagian perdagangan global, maka kita mesti siap menghadapinya di tengah perkembangan era Industri 4.0. Ekonomi digital bisa mengatasi semua fenomena kapital global, perubahan iklim, dan revolusi hijau.

Sambil mengutip pernyataan Presiden Jokowi, Putra kelahiran Bone ini menyampaikan pesan Jokowi bahwa kita bukan lagi saat berwacana tapi melakukan kerja nyata.

Selaku Ketua Umum Dekopin, menegaskan lembaga yang dipimpinnya untuk berkontribusi dalam fenomena global. Dia akan mencipta para pencipta kerja sehingga mengatasi pengangguran dalam bergiat di perkoperasian.

Sebagai alumni UNM, Nurdin Halid yang biasa disapa NH, mengajak Pak Rektor untuk serius mendukung program wirausaha dan wirakoperasi sehingga tercipta pelaku usaha dan melakukan riset berbasis revolusi hijau.

NH mengajak alumni menjadi pribadi tangguh dalam mengatasi pemanasan global dan perubahan iklim.

Pesan saya agar kita harus bangga sebagai alumni UNM dan jangan pernah berhenti melakukan perubahan. Diakhir sambutan NH Memberikan Bea Siswa kepada Alumni terbaik S1 tuk lanjut  Program S2 dan Program S2 lanjut ke Progam Doktor (S3) dengan syarat kuliah di Program Pascasarjana UNM.

Pelaksanaan Wisuda Lulusan UNM Periode November Tahun 2021 dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan dengan pola blended (luring dan daring).

Wisuda dihadiri ketua senat, para wakil rektor, para dekan dan wakil dekan, direktur dan wakil direktur, ketua lembaga, kepala biro, ketua umum dharma wanita persatuan UNM, dan para tamu undangan lainnya. (Rls)

Komentar Anda

Channel


Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top