ikut bergabung

Adnan Instruksikan Posko Desa, BPBD Siapkan Peralatan Bencana

POSKO. Peralatan perahu karet telah disiapsiagakan BPBD Gowa di posko induk kabupaten. (foto/ist)

Sulsel

Adnan Instruksikan Posko Desa, BPBD Siapkan Peralatan Bencana

GOWA, UJUNGJARI.COM — Bupati Gowa Dr Adnan Purichta Ichsan langsung menginstruksikan para camat di 18 kecamatan serta para pimpinan SKPD terkait di Gowa untuk membangun posko siaga bencana mulai di tingkat kabupaten, kecamatan hingga kelurahan dan desa.

“Saat ini musim hujan sudah merata dan itu dipertegas oleh BMKG dengan merilis bahwa 100 persen wilayah Indonesia memasuki musim hujan. Saya minta mulai hari ini tingkat kabupaten, kecamatan, hingga desa
kelurahan mulai membuat posko siaga bencana,” tandas Dr Adnan saat memimpin rapat pagi (coffee morning) di Baruga Karaeng Galesong, Senin (6/12) dihadiri para pimpinan SKPD dan para camat.

Adnan juga menegaskan agar semua posko yang dibangun dilengkapi dengan peralatan kebencanaan, minimal perahu karet dan ban untuk dijadikan pelampung jika terjadi banjir dan peralatan kebencanaan lainnya untuk wilayah pegunungan.


Ia meminta khusus posko siaga bencana tingkat kabupaten, agar dipusatkan di Kantor Dinas Lingkungan Hidup, di Jalan Mangka Dg Bombong, di wilayah Manggarupi. Bupati juga meminta semua SKPD dan camat aktif berkoordinasi dengan Dinas BPBD, PUPR, DLH, Damkar, Satpol dan Dinas Sosial.

“Khusus posko Kabupaten Gowa, pusatkan di Kantor Dinas Lingkungan Hidup sementara untuk tingkat kecamatan buat di kantor camat masing-masing dan perintahkan seluruh lurah dan desa agar turut membuat posko,” jelas Dr Adnan.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gowa Ikhsan Parawansa mengatakan pihaknya telah mendirikan posko siaga bencana sejak adanya arahan dari BMKG dan telah berjalan 24 jam di kantor BPBD Gowa di Jl Tumanurung, Sungguminasa.

” Kita sudah buat poskonya di kantor selama 24 jam. Dan kami akan membackup posko-posko yang dibuat baru di DLH dan berkoordinasi dengan SKPD terkait lainnya,” kata Ikhsan usai coffee morning.

Terkait peralatan yang tersedia, kata Ikhsan, pihaknya menyiagakan tujuh unit perahu masing-masing dua unit perahu karet, tiga unit polyethylene, dua unit perahu lipat. Ketujuh perahu ini siap digunakan apabila terjadi banjir di Kabupaten Gowa pada musim hujan saat ini.-

Komentar Anda

Channel


Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top