ikut bergabung

Jalan Poros Pangkep-Makassar Lumpuh Akibat Banjir

Sulsel

Jalan Poros Pangkep-Makassar Lumpuh Akibat Banjir

BARRU,UJUNGJARI— Jalur trans Sulawesi di jalan Kemakmuran Poros Pangkep- Makassar terendam air setinggi paha orang dewasa.

Sejumlah kendaraan yang melalui jalan tersebut berhenti total dan menciptakan kemacetan panjang, mulai dari Bungoro di jalan Kemakmuran hingga jalan Sultan Hasanuddin.

Jalan trans Sulawesi di jalur poros Pangkep yang menghubungkan beberapa kabupaten dan kota di Sulsel bagian utara serta kota provinsi di Sulbar, Sulteng dan Sulut mengalami kemacetan panjang hingga lima kilometer

Selain jalan poros Pangkep-Makassar yang dikepung banjir. Jalan poros di kelurahan Minasa Te’ne di kampung Matojeng dan Ujungloe juga terendam akibat luapan air sungai Pangkajene.

Bahkan sejumlah kawasan di kelurahan Jagong dan Tumampua sudah merendam pemukiman dan kompleks perumahan warga akibat hujan deras yang mengguyur dalam dua hari terakhir dibeberapa wilayah di kabupaten Pangkep.

Dua jembatan kembar di kota Pangkajene yang berada diatas sungai kota kabupaten ini sudah nyaris menyentuh dasar jembatan. Bahkan air sungai ini sudah meluap hingga ke beberapa kawasan seperti di kelurahan Jagong, Mappasaile, Tumampua, Minasa Te’ne dan Paddoang-doangan.

Pemandangan kawasan langganan banjir disekitar Alun-alun hingga jalan Matahari di kota Pangkajene bak lautan. Ibukota kabupaten Pangkep ini benar-benar dikepung banjir akibat hujan deras yang terus mengguyur sejak Senin hingga Selasa(7/12) siang.

Sejumlah kawasan perkantoran dan sekolah ikut juga direndam banjir seperti yang dialami SMA Negeri 11 dan SMA Negeri 1 Pangkajene. Beberapa ruang belajar dan ruang lainnya dari sekolah ini sudah digenangi banjir.

Situasi banjir dibeberapa kawasan di Pangkep dipantau langsung Wakil bupati Pangkep Syahban Sammana. Syahban  memantau kondisi banjir di kelurahan Jagong dan Tekolabbua, Selasa pagi.

“Saat ini, saya ada di Tekolabbua. Kita lihat sendiri, begitu derasnya aru air. Kami imbau masyarakat terus waspada,”ujar Syahban.

Lanjut Syahban, Pemerintah kabupaten Pangkep segera akan menyalurkan bantuan. 

“Pemda sementara ini sedang mempersiapkan bantuan untuk disalurkan kepada warga. Saya sudah perintahkan BPBD, OPD, camat, desa dan lurah untuk meninjau situasi dan segera menyalurkan bantuan kepada warga terdampak banjir,”tambahnya. (Udi)

Komentar Anda

Channel


Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top