ikut bergabung

Personel Damkar Harus Berkualitas

UPACARA. Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan bersama Kadis Damkar Gowa Rostam Razak mengikuti upacara virtual Harla ke 103 Damkar secara nasional.(foto/ist)

Sulsel

Personel Damkar Harus Berkualitas

GOWA, UJUNGJARI.COM — Bupati Gowa Adnan Purichta menegaskan agar seluruh personel Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Gowa makin berkualitas dan meningkatkan kompetensi diri agar bisa lebih maksimal menjalankan tugas dan fungsinya di masyarakat.

Hal itu ditegaskan Adnan usai mengikuti upacara peringatan Harla ke-103 Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan tahun 2022 yang dilakukan secara virtual di Peace Room A’Kio, kantor Pemkab Gowa, Selasa (1/3) pagi.

Adnan berharap di usia lebih seabad ini, Damkar harus lebih meningkat kualitas dan kompetensi seluruh personelnya sehingga mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Apalagi tugas Damkar saat ini juga semakin kompleks. Tidak hanya berfokus pada pemadaman kebakaran, tapi juga sudah bertransformasi menjadi tim penyelamatan.

” Fungsi Damkar saat ini bukan hanya sebagai pemadam kebakaran tapi fungsinya juga sudah masuk menjadi penyelamatan. Seperti menyelematkan manusia dari sarang tawon dan ataupun hewan-hewan buas lainnya yang ditemukan di rumah dan lingkungan sekitar,” kata Bupati Gowa.

Kadis Damkar Gowa Rostam Razak di kesempatan usai upacara virtual itu mengatakan tim Damkar Gowa kedepan lebih berupaya memaksimalkan fungsinya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, bukan hanya berkaitan dengan kebakaran, tapi juga pelayanan non kebakaran.

” Dalam menjalankan tugas, Damkar mengenal istilah Panca Dharma yaitu pencegahan dan pengendalian kebakaran, pemadaman kebakaran, penyelematan, pemberdayaan masyarakat dan penanganan bahan berbahaya. Jadi ruang lingkup pemadam kebakaran itu banyak khususnya terkait penyelamatan. Damkar bisa hadir menyelamatkan jika masyarakat butuh penyelamatan dari gangguan binatang buas dan lainnya. Salah satu yang sering kita lakukan selama ini adalah penyelamatan warga dari gangguan sarang tawon dan ular berbisa, ” papar Rostam.

Baca Juga :   Workshop Guru Menulis Buku Fiksi dan Non Fiksi, Jangan Takut Salah

Melalui virtual, Dirjen Bina Administrasi Wilayah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal ZA yang menjadi irup dalam upacara Harla Damkar se Indonesia ke 103 mengapresiasi seluruh personel pemadam kebakaran dan penyelamatan yang telah menunjukkan dedikasinya dan profesionalismenya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab.

“Sebagai perangkat daerah yang menjadi barisan terdepan dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat dari bahaya api dan kondisi darurat, Damkar telah menunjukkan presentasi yang luar biasa. Penuh komitmen dalam memberikan layanan kedaruratan kepada seluruh warga masyarakat,” papar Safrizal dalam layarmonitor virtual.

dibaca : 31

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel


Populer Minggu ini

Arsip

To Top