ikut bergabung

Direksi BUMN Tambang Terkesan Citarum Harum

Nasional

Direksi BUMN Tambang Terkesan Citarum Harum

BANDUNG– “Di mana-mana, yang namanya perusahaan tambang, dalam operasionalnya pasti merusak alam. Ada kalanya harus menebang pohon, menggali lahan, memangkas bukit, dan sebagainya. Maka, sesuai peraturan perundang-undangan, harus dilakukan reklamasi,” ujar Doni Monardo saat mengunjungi Cisanti, Hulu Sungai Citarum bersama direksi perusahaan-perusahaan tambang di bawah MIND ID, Sabtu (26/3/2022).

Sembilan bulan lalu (Juni 2021), Letjen TNI Purn Dr (HC) Doni Monardo ditunjuk menjadi Komut PT Mining Industri Indonesia (MIND ID). Sebuah BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia yang beranggotakan PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), PT Timah Tbk, dan PT Vale Indonesia.

Dalam UU Nomor 3 Tahun 2020, telah diatur mengenai kewajiban pemegang izin konsesi tambang untuk melaksanakan reklamasi dan pascatambang dengan tingkat keberhasilan 100 persen.

UU itu juga mengatur pemberian sanksi pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp100 miliar.

“Ancaman hukumnya sangat serius, karenanya, pemulihan lahan bekas tambang juga harus dilakukan dengan serius,” tambah Kepala BNPB 2019-2021 itu.

Di Cisanti, Doni mengilas balik riwayat lahirnya program Citarum Harum saat ia menjabat Pangdam III/Siliwangi (2017-2018). Pagi itu, hadir para pelaku sejarah, di antaranya Kasdam III/Siliwangi semasa Doni menjabat panglima, kemudian juga hadir para mantan Komandan Sektor yang disebut perwira menengah khusus (pamensus).

Baca Juga :   Dukung MotoGP, JNE Gelar Promo Mandalika Diskon 20 Persen dan Beragam Kegiatan Menarik

Hadir juga pejabat dan mantan pejabat Dinas Lingkungan Hidup, aktivis lingkungan, jajaran direksi PTPN 8, dan banyak lagi lainnya. Termasuk para wartawan. Ajang silaturahmi di Cisanti pun menjadi sarana menggugah memori lama, lalu muncul hikmah, betapa penataan Citarum tidaklah mudah.

Doni Monardo sangat mengapresiasi para pihak yang telah hadir di Cisanti, terutama sejumlah staf dan direksi BUMN tambang. Alhasil, saat wartawan mencoba melakukan doorstop untuk mendapatkan statement eksklusif, Doni Monardo menegaskan.

“Saya kan tadi sudah bicara. Yang paling penting ini nih… jajaran BUMN tambang yang jauh-jauh ke Cisanti untuk melihat dari dekat kondisi Citarum,” kata Doni sambil memanggil jajaran BUMN yang hadir.

Kesan pertama disampaikan Binahidra Logiardi, Unit Head Of Sustainability MIND ID. Pria berkacamata yang akrab disapa Benni ini mengatakan, datang ke Cisanti dengan semangat belajar dari sukses program Citarum Harum untuk diaplikasikan di area pertambangan di BUMN-BUMN Tambang di bawah MIND ID.

dibaca : 41

Laman: 1 2 3



Komentar Anda

Berita lainnya Nasional


Populer Minggu ini

Arsip

To Top