ikut bergabung

Bekali Mahasiswa KKN IAIN Parepare, Muslimin Bando Perkenalkan Karakteristik Daerah

Berita

Bekali Mahasiswa KKN IAIN Parepare, Muslimin Bando Perkenalkan Karakteristik Daerah

ENREKANG,UJUNGJARI.COM–Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Parepare menggelar pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Teori 2023 selama tiga hari, 6 hingga 8 Juli 2023.

Rektor IAIN Parepare, Hannani Yunus, membuka acara ini dan mendaulat Bupati Enrekang, Muslimin Bando (MB), membekali 1.000 lebih mahasiswa.

Hannani menyebut pentingnya KKN sebab menjadi momentum mahasiswa mengabdi dan berkontribusi bagi masyarakat. KKN, kata dia, membantu menyelesaikan kesulitan yang dihadapi masyarakat.

“Kami meminta mahasiswa banyak mendengar dan mengidentifikasi masalah-masalah warga desa, menyusun program yang menginspirasi dan memberdayakan,” ujar Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Parepare ini.

Hannani mengingatkan agar mahasiswa menjaga etika serta menghindari konten-konten yang merugikan. Ia justru menyerukan untuk promosikan potensi desa, seperti wisata, kerajinan, hasil tani di media sosial (medsos).

Sementara itu dalam paparannya, Bupati Muslimin Bando banyak memperkenalkan karakteristik daerah, seperti etnis, tradisi, dan kondisi geografisnya. Ia juga memotivasi mahasiswa agar melanjutkan kuliah setinggi mungkin.

Ketua DPD II Golkar Enrekang ini mengajak mahasiswa membantu menyosialisasikan capaian pembangunan dan program pemerintah daerah, terutama di pelosok.

Tak kalah penting, kata dia, IAIN Parepare menguatkan karakter masyarakat Enrekang yang moderat dan toleran. Melawan paham radikal dan ekstrem yang dapat memecah belah keharmonisan warga.

Seusai acara, Bupati dan Rektor menyepakati penguatan kerja sama Pemerintah Enrekang (Pemkab) Enrekang dengan IAIN Parepare.

Baca Juga :   Di Lokasi TMMD Sidrap, Warga dan TNI Menyatu Bergotong Royong

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IAIN Parepare, Ali Rusdi Bedong, menyebut pihaknya memilih Enrekang sebagai lokasi KKN sebab paling antusias dan memberi dukungan penuh. Menurutnya, Bupati MB sangat perhatian pada sektor pendidikan tinggi.

“Enrekang selalu jadi favorit karena dukungan Bupati dan masyarakatnya yang terkenal ramah dan murah hati,” ungkapnya. (*)

dibaca : 26



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top