ikut bergabung

Pramuka Gowa Raih Predikat Tergiat Pertama Kwarcab se Sulsel

MUSDA. Ketua Kwarcab Gowa Adnan Purichta Ichsan bersama Pj Gubernur Sulsel selaku Mabinda Sulsel Bahtiar Baharuddin saat menghadiri Musda IX Gerakan Pramuka Sulsel di Makassar. (foto/ist)

Sulsel

Pramuka Gowa Raih Predikat Tergiat Pertama Kwarcab se Sulsel

GOWA, UJUNGJARI.COM — Bukan hanya predikat pemerintahan terbaik dan terpopuler di media yang diperoleh Kabupaten Gowa, tapi Gowa juga meraih predikat terbaik untuk Gerakan Pramuka.

Tahun ini, Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Gowa berhasil meraih Terbaik Pertama Kwarcab Tergiat di Sulawesi Selatan. Pada urutan kedua adalah Kwracab Pangkep dan ketiga Kwarcab Wajo.

Prestasi itu digelontorkan Kwarda Sulsel pada Musyawarah Daerah (Musda) IX Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan tahun 2024 yang berlangsung di Hotel Novotel Makassar, Sabtu (27/1) lalu.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan selaku Ketua Kwarcab Gowa mengaku sangat mengapresiasi jajaran Kwarda yang memberikan penghargaan tersebut. Menurut Adnan melalui penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi seluruh Kwarcab untuk aktif melaksanakan kegiatan khususnya dalam membina karakter para pemuda yang ada.

“Tentu kami sangat bangga atas capaian ini, karena selama ini Kwarcab Gowa aktif melaksanakan kegiatan, terlebih Pramuka merupakan salah satu organisasi pembinaan karakter yang nantinya sangat berdampak baik terhadap peningkatan SDM yang ada di Kabupaten Gowa,” kata Adnan.

Dikatakan Adnan, salah satu cara yang dilakukan untuk selalu mengaktifkan Pramuka di Kabupaten Gowa yakni dilakukannya revitalisasi Bumi Perkemahan Cadika sebagai miniatur Buper (Bumi Perkemahan) Cibubur, dimana nantinya tempat ini mampu menjadi pusat kegiatan pramuka di Sulawesi Selatan bahkan diluar Sulsel.

“Insya Allah nantinya jika ingin berkegiatan Pramuka khusus di Indonesia Timur, tidak perlu datang ke Buper Cibubur, Jakarta, tapi cukup datang ke Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan,” sebut Adnan.

Baca Juga :   Nasi Kucing Simpang Empat di Belopa Laris Manis

Di tempat yang sama, Ketua Harian Kwarcab Gowa Baharuddin Mangka menyebutkan salah satu aspek penilaian yang dilakukan sehingga Kwarcab Gowa mampu meraih penghargaan ini yakni berdasarkan laporan administrasi kegiatan yang dilakukan selama 2019-2023, dimana dalam kurun waktu tersebut Gowa dianggap giat atau aktif melaksanakan kegiatan kepramukaan dan memiliki nilai tertinggi.

“Alhamdulillah Pramuka kita sangat aktif melaksanakan kegiatan kepramukaan, salah satu yang menjadi kelebihan dan poin tinggi dalam penilaian tersebut adalah karena Kwarcab Gowa memiliki Bumi Perkemahan dan sarana fisik berhasil melaksanakan kegiatan besar setiap tahunnya seperti lomba tingkat III, Raimuna Cabang dan tahun ini akan bersiap dalam proses pencapaian Pramuka Garuda kursus mahir dasar dan lanjutan ditambah kegiatan pembinaan di Saka-Saka yang ada di sekolah itu berkelanjutan,” kata mantan Sekretaris Kabupaten Gowa ini.

dibaca : 5.163

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top