ikut bergabung

Agar Punya Kapasitas, Bawaslu Latih Ribuan Saksi Peserta Pemilu

SAKSI. Kordiv SDM, Organisasi dan Diklat Bawaslu Gowa Muhtar Muis saat membuka pelatihan para saksi peserta Pemilu 2024.(foto/ist)

Politik

Agar Punya Kapasitas, Bawaslu Latih Ribuan Saksi Peserta Pemilu

GOWA, UJUNGJARI.COM – Ribuan saksi peserta Pemilu 2024 mengikuti pelatihan saksi yang digelar Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Gowa.

Para saksi ini masing-masing berasal dari partai politik, saksi calon perseorangan (DPD) dan saksi tim pemenangan calon presiden dan calon wakil presiden. Total saksi yang ikut pelatihan sebanyak 1.728 orang saksi.

Untuk tahap pertama diikuti 504 orang saksi yang mulai pelatihan pada Sabtu-Senin (3-5/2). Dan sisanya 1.224 orang lagi akan menjalani pelatihan yang sama pada Selasa-Rabu (6-7/2).

Pelatihan saksi ini sangat penting karena keberadaan saksi, baik di TPS maupun saat rekapitulasi penghitungan hasil perolehan suara di tingkat kecamatan, kabupaten kota, provinsi maupun pusat sangat penting untuk memastikan proses pelaksanaan pemilu berjalan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Koordinator Divisi SDM, Organisasi dan Diklat Bawaslu Kabupaten Gowa Muhtar Muis mengatakan, peserta Pemilu benar-benar harus memperhatikan kapasitas dan kapabilitas saksinya dalam mengawal proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS maupun rekapitulasi di tingkat kecamatan dan kabupaten.

Dikatakan Muhtar, sesuai ketentuan perundangan-undangan, Bawaslu memiliki kewajiban meningkatkan kualitas saksi peserta Pemilu. Pelatihahan ini digelar terkhusus bagi koordinator saksi dari masing-masing kecamatan se Kabupaten Gowa.

“Saksi peserta Pemilu memegang peranan yang sama pentingnya dengan KPPS maupun Pengawas TPS pada saat hari pemungutan suara. Karena itu, saksi peserta Pemilu harus benar-benar kompeten dan mengetahui dengan jelas hak dan kewajibannya di hari pemungutan dan penghitungan suara,” jelas mantan Ketua KPU Gowa ini.

Baca Juga :   Bawaslu Gowa Lantik Anggota Panwascam Pallangga

Pelatihan tahap pertama diikuti 504 orang saksi dari PPP, PKB, Partai Gelora, PKN, Partai Perindo, PKS dan Partai Nasdem. Sementara partai lain dan saksi dari calon DPD serta tim pemenangan capres dan cawapres diagendakan mengikuti pelatihan pada hari berikutnya.

Muhtar menambahkan, saksi peserta Pemilu harus mengetahui wewenangnya dengan baik.

“Tugas saksi sangat penting, untuk itu harus paham benar wewenangnya, seperti ikut memeriksa kelengkapan pemungutan suara, meminta penjelasan pada KPPS soal proses pemungutan suara, hingga menerima salinan berita acara dan formulir hasil penghitungan suara,” papar Muhtar sembari mengatakan, pada pelatihan saksi tersebut menghadirkan sejumlah pemateri seperti unsur KPU, mantan penyelenggara Pemilu serta penggiat Pemilu.-

dibaca : 21



Komentar Anda

Berita lainnya Politik

Populer Minggu ini

Arsip

To Top