ikut bergabung

H-2, Ribuan PTPS Ikuti Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang

APEL. Sebanyak 2.133 orang Pengawas TPS di Gowa mengikuti apel siaga pengawasan masa tenang pada H-2 Pemilu 14 Februari 2024 di GOR Sungguminasa. (foto/ist)

Politik

H-2, Ribuan PTPS Ikuti Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang

GOWA, UJUNGJARI.COM — Apel siaga pengawasan masa tenang Pemilu 2024 di Kabupaten Gowa dihadiri ribuan pengawas yang tersebar di 18 kecamatan. Apel siaga pengawasan masa tenang Pemilu ini dibuka Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dihadiri jajaran Forkopimda di Gedung Olahraga (GOR) Sungguminasa, Senin (12/2) siang.

Pemilu atau tahap pemungutan suara pada 14 Februari 2024 ini tersisa dua hari lagi. Saat ini sudah memasuki masa tenang. Karena itu memasuki masa tenang ini, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gowa pun mulai mengerahkan personil pengawasan yang telah dibentuk yakni pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) di 18 kecamatan. Sebanyak 2.133 PTPS hadir di GOR.

PTPS ini memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan pelaksanaan Pemilu.

Baca Juga

Dalam apel siaga pengawasan tersebut, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan dalam masa tenang ini, petugas pengawasan harus bekerja dengan baik mengawasi jalannya pesta demokrasi pemilihan Presiden, pemilihan anggota DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten kota.

“Saat ini kita dalam masa tenang pelaksanaan Pemilu. Dalam masa tenang ini tidak ada aktivitas caleg berbau kampanye, promosi dan lainnya. Disinilah tugas Bawaslu. Namun tugas pengawasan ini bukan hanya kewenangan Bawaslu tapi juga menjadi tugas bersama termasuk pemerintah, Forkopimda, KPU dan seluruh pihak yang ada. Karena itu dibutuhkan kolaborasi seluruh instansi dalam mewujudkan kesuksesan Pemilu. Kita semua memiliki kontribusi agar Pemilu ini berlangsung dengan baik lancar dan sesuai dengan harapan yang ada khususnya dengan mencapai partisipasi pemilih yakni 80 persen untuk tingkat nasional,” kata Bupati Gowa.

Baca Juga :   Elfin Siap Kolaborasi Generasi Milenial Bulukumba-Sinjai

Dikatakan Adnan, jika partisipasi pemilih lebih dari 80 persen maka tingkat demokrasi di wilayah Kabupaten Gowa ini semakin baik dan semakin meningkat. Begitupun di setiap TPS yang ada semoga ketika diakumulasi secara keseluruhan angka partisipasi pemilih di Gowa lebih dari 80 persen.

Ketua Bawaslu Gowa Saparuddin mengatakan, apel siaga ini dilakukan untuk mengecek kesiapan seluruh jajaran pengawas Pemilu sampai dengan TPS sekaligus menyampaikan kepada masyarakat bahwa Bawaslu telah siap dalam melakukan pengawasan mulai dari masa tenang hingga pelaksanaan pada 14 Februari nanti.

“Bawaslu Gowa secara personel sudah siap, mulai dari pusat, hingga jajaran di tingkat TPS, dimana untuk pengawasan di TPS kita memiliki Pengawas TPS (PTPS) dalam menjaga Pemilu di Kabupaten Gowa sehingga dapat berjalan adil, jujur dan damai,” kata Saparuddin.

dibaca : 178

Laman: 1 2



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Politik

Populer Minggu ini

Arsip

To Top