ikut bergabung

Kerjasama Mbizmarket, Gowa Kini Terapkan Toko Daring untuk Pengadaan Barjas

SOSIALISASI. Pj Sekkab Gowa Abdul Karim Dania bersama pemateri dari Mbizmarket dalam sosialisasi toko daring pengadaan barjas di lingkup Pemkab Gowa.(foto/ist)

Sulsel

Kerjasama Mbizmarket, Gowa Kini Terapkan Toko Daring untuk Pengadaan Barjas

GOWA, UJUNGJARI.COM — Pemerintah Kabupaten Gowa kini memaksimalkan pengadaan barang dan jasa (barjas) melalui toko daring yang bekerjasama dengan Mbizmarket. Penggunaan pola toko daring ini mulai diseriusi Pemkab Gowa di tahun 2024 ini.

Sekaitan itu, Pemkab pun mulai mensosialisasikan dan merefreshment penggunaan fitur pengadaan sistem daring tersebut dengan menghadirkan para pengguna pada Mbizmarket dari SKPD, Puskesmas hingga pemerintah kecamatan. Sosialisasi ini menghadirkan pemateri dari Mbizmarket yakni Ryan Arifin selaku Account Manager Sulawesi Selatan dan berlangsung sehari di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Selasa (27/2) lalu.

Kepala Bagian Unit Pelayanan Barang dan Jasa Setkab Gowa Aisyah Najamuddin mengatakan, sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2021 bahwa seluruh pemerintah daerah se-Indonesia wajib meningkatkan belanja e-purchasing baik itu e-katalog maupun barang-jasa.

Baca Juga

Aisyah mengatakan, Kabupaten Gowa termasuk kabupaten yang gerak cepat untuk melaksanakan instruksi tersebut.

“Pada 2022 lalu, Kabupaten Gowa masuk dalam beberapa kategori dan kita masuk dalam urutan lima besar. Untuk skala nasional, daerah dengan peringkat terbaik e-purchasing banyak ditemui di Pulau Jawa dan Kalimantan. Kalau untuk peringkat di Sulawesi Selatan untuk belanja tertinggi e-purchasing Kabupaten Gowa masih dalam peringkat pertama. Ini dikarenakan, Gowa termasuk cepat dalam menanggapi Instruksi Presiden tersebut,” sebut Aisyah.

Sebagaimana diketahui, e-purchasing adalah tata cara pembelian barang/jasa melalui system catalog elektronik (e-catalog) yang diselenggarakan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Baca Juga :   Rezki dengar Curhat Warga Terkait Drainase Buruk di Karunrung

Terkait sosialisasi Mbizmarket ini, Penjabat Sekretaris Kabupaten (Pj Sekkab) Gowa Abdul Karim Dania mengatakan, tujuan dari pelaksanakan sosialisasi Mbizmarket ini untuk mengetahui penggunaan Kartu Kredit Pemerintah (KKP) dalam Mbizmarket. Selain itu para perwakilan SKPD hingga kecamatan diberikan pemaparan terkait dengan fitur-fitur Mbizmarket berupa Mbiztravel yang bisa mengakomodir perjalanan dinas.

“Dari kegiatan ini diharapkan dapat terlaksananya peningkatan belanja melalui e-purchasing. Mbiztravel diharapkan dapat membantu pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dalam fleksibilitas akomodasi perjalanan dinas. Sosialisasi ini menjadi upaya pemerintah kabupaten untuk melakukan peningkatan penggunaan produk dalam negeri melalui toko daring,” jelas Karim. –

dibaca : 50



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top