ikut bergabung

Rumuskan Pemenuhan Hak-hak Anak, Gugus Tugas KLA Optimis Raih Nindya

GUGUS. Rakor dan Bimtek Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2024 diikuti berbagai unsur di Kabupaten Gowa. (foto/sar)

Sulsel

Rumuskan Pemenuhan Hak-hak Anak, Gugus Tugas KLA Optimis Raih Nindya

GOWA, UJUNGJARI.COM — Pemerintah Kabupaten Gowa terus menerus menggencarkan pemenuhan hak-hak sipil anak dan kebebasan anak. Setelah meraih predikat Madya untuk Kabupaten Layak Anak (KLA) pada tahun 2023 lalu, kini Pemkab Gowa menargetkan predikat Nindya untuk tahun 2024 ini.

Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Gowa Kawaidah Alham saat pembukaan Rakor dan Bimtek Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat Kabupaten Gowa di Hotel Arya Duta Makassar, Rabu (6/3) pagi mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk merumuskan kembali serta menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup tumbuh berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan.

Selain itu kata Kawaidah, juga untuk mendapatkan perlindungan dari kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi demi terwujudnya anak Indonesia yang berkualitas berakhlak mulia dan sejahtera.

“Jadi kegiatan ini diikuti sekira 100 orang peserta dari berbagai unsur yakni Polres, Pengadilan Negerj, Kejaksaan, Pengadilan Agama, PKK, Kemenag, BUMN, OPD, para Camat, Ormas dan Forum Anak. Kegiatan ini berlangsung dua hari. Dan di akhir kedua akan menjadi simpulan dari rumusan yang kami hasilkan bersama, ” jelas Kawaidah.

Sementara Pj Sekretaris Kabupaten Gowa Abdul Karim Dania selaku Ketua Gugus Tugas KLA diwakili Kepala Bappeda Gowa Sujjadan selaku Wakil Ketua Gugus Tugas KLA pada kesempatan membuka. kegiatan Rakor dan Bimtek ini mengatakan Pemkab mau pastikan bahwa hak-hak anak di Gowa ini terlindungi.

Baca Juga :   Integritas dan Efisiensi jadi Bahasan Rapat Pejabat Pemkab Bulukumba

Karena itu semua SKPD yang masuk dalam gugus tugas kata Sujjadan, dapat saling bahu-membahu, saling berkomunikasi, berkolaborasi memberikan data yang dibutuhkan dalam penilaian evaluasi mandiri KLA tahun 2024 ini.

“Kabupaten layak anak adalah kabupaten dengan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan. Dalam penyelenggaraan KLA ini meliputi 24 indikator yang terbagi dalam satu kelembagaan dan 5 kluster, ” jelas Sujjadan.

Disebutkannya, kluster 1 meliputi hak sipil dan kebebasan anak, kluster 2 meliputi lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kluster 3 adalah kesehatan dasar dan kesejahteraan, kluster 4 terkait hak pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya. Sedang kluster 5 adalah perlindungan khusus serta Desa Layak Anak dan Kecamatan Layak Anak.

Dipaparkan Sujjadan, Gugus Tugas KLA sangatlah penting dalam memastikan pemenuhan hak dan perlindungan anak di kabupaten Gowa. Adapun tanggung jawab Gugus Tugas KLA adalah merencanakan dan melaksanakan program KLA, melakukan koordinasi dan kerjasama dengan berbagai pihak terkait dan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan program KLA.

dibaca : 20

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top