ikut bergabung

Aspirasi Pemuda Penting dalam Perencanaan Pembangunan

RANCANG. Beberapa unsur pemuda di Gowa yang dilibatkan dalam merancang dan merencanakan pembangunan daerah. (foto/ist)

Sulsel

Aspirasi Pemuda Penting dalam Perencanaan Pembangunan

GOWA, UJUNGJARI.COM — Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan peran pemuda dalam pembangunan sangat dibutuhkan. Tahun 2045 Indonesia akan menghadapi bonus demografi, namun bonus demografi itu mampu diraih jika daerah memiliki SDM yang unggul.

Karena itu, dalam menyusun perencanaan daerah, Pemerintah Kabupaten Gowa selalu melibatkan para organisasi pemuda termasuk anak, perempuan dan disabilitas dalam setiap pelaksanaan Musrenbang.

Menurut Adnan, maka sangatlah penting dilakukan musyawarah rencana pembangunan pemuda untuk mempersiapkan pemuda tahun 2045 mendatang.

“Harapan kita, musrembang ini menjadi langkah penyempurna pembangunan kepemudaan di Kabupaten Gowa, ” kata Bupati Gowa saat membuka Musrenbang Pemuda di Baruga Tinggimae, rujab Bupati Gowa, Kamis (21/3) kemarin.

Dikatakan Adnan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa setiap tahun rutin melaksanakan Musrenbang Pemuda sebagai bentuk komitmen untuk menyerap aspirasi para pemuda dalam merumuskan program perencanaan pembangunan.

“Gowa merupakan daerah di Indonesia yang konsisten melaksanakan Musrenbang Pemuda setiap tahunnya, bahkan dua hari yang lalu kita melaksanakan Musrenbang Anak, Perempuan dan Disabilitas dan melaksanakan Musrenbang Tematik stunting dan juga kemiskinan ekstrem karena kita ingin perencanaan ke depan betul-betul menyentuh permasalahan yang ada dari segala sektor,” tandas Adnan.

Mengusung tema ‘Kewirausahaan Pemuda Mendorong Inovasi dan Kreativitas dalam Pengembangan Ekonomi Lokal’, Adnan berharap salah satu prioritas pembangunan Kabupaten Gowa tahun 2025 yang tercantum dalam RKPD yakni meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang merata dan berdaya saing, sehingga Kabupaten Gowa lebih mampu berperan dalam kebangkitan ekonomi provinsi bahkan nasional dan salah satu peran itu melalui pemuda.

Baca Juga :   BPKB Mobil Digadaikan, Penjual Sarilaut Lapor Ke Polisi

“Saya meminta para organisasi pemuda yang ada mampu mempersiapkan diri mulai sekarang untuk menjadi generasi yang unggul dan memiliki kualitas kompetensi, sekaligus memberi saran dan masukan terkait program yang akan dijalankan oleh pemerintah dengan catatan terintegrasi dengan program prioritas pemerintah daerah. Mari kita berkolaborasi dengan baik karena kesuksesan itu bisa diraih dengan cara kolaborasi, bekerjasama dengan seluruh pihak. Hari ini kita buktikan dan mampu bekerjasama dengan seluruh organisasi kepemudaan yang ada,” tambah Adnan.

Kepala Bappeda Kabupaten Gowa Sujjadan mengatakan Kabupaten Gowa telah menerima penghargaan Kabupaten Layak Pemuda tingkat Utama dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, sehingga sejalan dengan itu Musrenbang Pemuda Kabupaten Gowa ini menjadi langkah penyempurna pembangunan kepemudaan di Kabupaten Gowa.

dibaca : 13

Laman: 1 2



Komentar Anda
Baca Selengkapnya

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top