ikut bergabung

Pemenang Tender Proyek PSEL Makassar Jajaki Lokasi Alternatif di Tamalanrea

Foto/Ist: Komplek Pergudangan Green Eterno salah satu calon lokasi proyek PSEL di kecamatan Tamalanrea, Makassar.

Berita

Pemenang Tender Proyek PSEL Makassar Jajaki Lokasi Alternatif di Tamalanrea

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Pemenang tender proyek pengolahan sampah menjadi energi listrik (PSEL) kota Makassar terus menjajaki lokasi/lahan yang cocok untuk mega proyek tersebut.

PT Grand Puri Indonesia selaku pemenang tender, bahkan mencari lahan diluar tiga lokasi yang masuk dalam tiga besar lelang. Pihaknya betul-betul mencari lokasi yang pas sesuai kriteria lahan yang dibutuhkan.

Tiga besar calon lokasi yang masuk tender, masing-masing Komplek Pergudangan Green Eterno kel.Parangloe, lahan di KIMA Bontojai kel.Bira dan lokasi sekitar Tamangapa, Kec.Manggala.

Hanya saja, tiga lokasi tersebut diduga masih dalam “Sengketa”. Pihak konsorium memilih mencari lokasi lain, namun tetap masih dalam wilayah kecamatan Tamalanrea, Makassar.

Pasca pengumuman tender proyek PSEL, pihak pemenang tender gencar mencari lokasi alternatif. Diantaranya lahan sekitar eks KTC Bontoa kel. Parangloe, Komplek Pergudangan Lantebung Kel. Parangloe, dan dua lokasi lainnya di kecamatan Biringkanaya. Namun dari semua lokasi itu masih dalam kajian pihak konsorsium.

Diketahui bahwa syarat lokasi PSEL adalah harus dekat dengan sungai, jauh dari pemukiman penduduk, dan luas lahan diatas 6 hektar.

Informasi menyebutkan bahwa lokasi alternatif yang dilirik pihak pemenang tender adalah lokasi di komplek pergudangan Lantebung. Namun terindikasi bermasalah alias sengeketa.

“Belum pasti juga disitu (lokasi pergudangan Lantebung),” kata Pj Sekda Kota Makassar Firman Paggarra membalas WA Ujungjari.com belum lama ini.

Baca Juga :   Bupati Gowa Sebut Sudah Buat Kajian Untuk Usulkan PSBB, Pimpinan DPRD Setuju

Camat Tamalanrea M Iqbal, S.STP mengatakan, pihak pemenang tender PSEL belum pernah berkoodinasi ke pihak kecamatan terkait lokasi yang dibutuhkan. “Saya juga belum tahu dimana lokasi PSEL.  Tidak pernah juga pihak pemenang tender bertanya ke kami terkait lokasi PSEL di Tamalanrea,” kata Iqbal.

“Saya kan camat baru disini (Tamalanrea). Selama saya camat tidak pernah pihak konsorsium datang pertanyakan lokasi yang mereka minati. Hanya kalau di Tamalanrea ini perlu ekstra hati-hati membebaskan lahan karena tidak sedikit lokasi yang bermasalah,” ujarnya.

“Setahu saya dari camat sebelumnya, proyek PSEL itu dibangun di Kompleks Green Eterno. Saya tidak tahu kalau ada lolasi lain,” tambah Iqbal.

Juli 2024 Groundbreaking oleh Jokowi

Jika tak ada aral melintang, Juli mendatang pemerintah akan melakukan groundbreaking proyek PSEL) kota Makassar.

Plt Kadis Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, Ferdy, mengatakan, groundbreaking proyek PSEL akan dilakukan pada Juli 2024 mendatang oleh Presiden Joko Widodo.

dibaca : 273

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Berita


Populer Minggu ini

Arsip

To Top