ikut bergabung

Sukses SCOPE 2024, Pramuka SMP 5 Makassar Pertahankan Juara Umum

Pendidikan

Sukses SCOPE 2024, Pramuka SMP 5 Makassar Pertahankan Juara Umum

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Gugus Depan Pramuka 11-057 – 11-058 SMP Negeri 12 Makassar, sukses menggelar Scout Competition (SCOPE) ke-4 tahun 2024.

Kemah lomba tersebut digelar 10-12 Mei 2024 di Bumi Perkemahan Perdos Tamalanrea, SMPN 12 Makassar.

Lomba bergengsi dalam rangka HUT Pramuka SMPN 12 Makassar itu diikuti beberapa pangkalan gugus depan (Penggalang) SMP tingkat Sulselbar, diantaranya SMP 5 Makassar, SMP 6 Makassar, SMP 14, SMP 25, SMP Hang Tua Makassar. SMP 2 Pallangga Gowa, SMP 2 Kalukku Majene Sulbar.

Regu putra dan putri SMP 5 Makassar, sukses mempertahankan juara satu umum SCOPE 2024. Disusul juara dua dari SMP Hang Tua Makassar, dan SMP 6 Makassar meraih juara umum tiga.

Tropi dan hadiah para pemenang lomba diserahkan Ketua Mabigus SMP 12 Makassar, La Ode Iman Sutrisno S.Pd M.Pd, Wakasek Abd Azis, SPd, Pembina Putri Mudrika dan pengurus KORPS 12 Makassar.

Penanggungjawab SCOPE 2024, Jack, mengatakan kegiatan kali ini beda dari tahun sebelumnya. SCOPE tahun ini mempertandingan beberapa lomba pioneering yang mengadopsi sistem lomba tingkat nasional atau LT V seperti lomba menara kaki 4, menara piramid, tiang bendera, dan beberapa lainnya.

“Scope tahun ini, kita adopsi sistem perlombaan LT Nasional, termasuk kecepatan, ketepatan dan kebenaran simpul dan ikatan bangunan pioneering. Termasuk LKBB yang menggunakan timer dan kebenaran gerakan, serta pimpinan regu harus menghafal aba-aba perintah gerakan/isarat,” kata Bang Jack sapaan karibnya.

Baca Juga :   Kaji Kohesivitas Sosial Guru, Ramli Rasyid Raih Doktor di UNM

Panitia menggunakan sistem LT V, lanjut Jack, agar adik-adik penggalang bisa memahami dan mengetahui persis sistem lomba yang diterapkan di LT nasional dan menjadi bekal di pangkalan masing-masing.

“LT nasional itu kan lomba bergengsi beregu, dan tidak semua penggalang bisa ikut merasakan kegiatan itu. Selain seleksinya ketat, juga penggalang yang mengiktui LT V adalah regu berprestasi tinggi yang bisa mewakili daerahnya masing-masing,” ujarnya.

Diketahui bahwa penggalang SMP 12 Makassar merupakan peserta LT V tiga kali berturut-turut, mewakili Kwarda Sulsel. Bahkan LT V 2023, regu putri SMP 12 Makassar mampu menembus peringat dua regional dibawah Kalimantan Timur.

Selamat Buat Pemenang SCOPE 2024

Ketua Mabigus SMP 12 Makassar, La Ode Iman Sutrisno S.Pd M.Pd, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta SCOPE 2024 terkhusus pangkalan yang datang jauh-jauh dari Majene Sulbar dan Pallangga Gowa.

“Terima kasih atas pertisipasinya mengikuti lomba di SMP 12. Terkhusis yang jauh dari Sulbar dan Pallangga, kami ucapkan terima kasih, sehat-sehatki semua, dan selamat jalan kembali ke daerah masing-masing. Mohon maaf jika ada hal yang kurang berkenaan. Apa yang kami berikan selama anda berkegiatan di SMP 12, inilah yang terbaik buat adik-adik,”

dibaca : 2.249

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Pendidikan


Populer Minggu ini

Arsip

To Top