ikut bergabung

Sosialisasi Pengelolaan Sampah di Pascasarjana Unhas

Berita

Sosialisasi Pengelolaan Sampah di Pascasarjana Unhas

MAKASSAR,UJUNGJARI.COM–Kelompok Kerja (Pokja) Bank Sampah Universitas Hasanuddin menggelar sosialisasi pengelolaan sampah di lingkungan kampus Pasca Sarjana Unhas, Kamis, 14 Juni 2024.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah mahasiswa, dosen, dan staf administrasi yang berkomitmen untuk menciptakan lingkungan kampus yang lebih bersih dan hijau.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran seluruh civitas akademika mengenai pentingnya pengelolaan sampah yang efektif dan berkelanjutan. Pengelolaan sampah yang baik tidak hanya berdampak positif terhadap lingkungan kampus, tetapi juga memberikan kontribusi nyata dalam mengurangi dampak negatif sampah terhadap kesehatan masyarakat dan lingkungan secara keseluruhan

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof Baharuddin,ST.,M.Arch, Ph.D membuka acara dengan memberikan sambutan yang menekankan pentingnya peran setiap individu dalam pengelolaan sampah.

“Pengelolaan sampah adalah tanggung jawab kita bersama. Melalui upaya ini, kita dapat menciptakan kampus yang bersih, sehat, dan berkelanjutan,” ujar Prof Bahar

Ketua Pokja Bank Sampah Unhas, Dr.Eng.Irwan Ridwan Rahim,ST.,MT. Menyampaikan acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran seluruh civitas akademika mengenai pentingnya pengelolaan sampah yang efektif dan berkelanjutan.

Pengelolaan sampah yang baik tidak hanya berdampak positif terhadap lingkungan kampus, tetapi juga memberikan kontribusi nyata dalam mengurangi dampak negatif sampah terhadap kesehatan masyarakat dan lingkungan secara keseluruhan.

Selanjutnya Saharuddin Ridwan,SS.,MM menyampaikan materi mengenai konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Beliau menjelaskan langkah-langkah praktis yang dapat diambil oleh mahasiswa dan staf dalam mengelola sampah sehari-hari.

Baca Juga :   Di Depan Alumni Unhas, Amran Izin untuk Berbakti kepada Merah Putih

“Mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, memanfaatkan kembali barang-barang yang masih dapat digunakan, dan mendaur ulang sampah adalah langkah-langkah sederhana yang dapat kita lakukan,” jelas Sahar.

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi interaktif dan tanya jawab yang dipandu oleh Viana Pramuga Sari,SE.,MM. Para peserta sangat antusias mengajukan pertanyaan dan berbagi pengalaman mengenai pengelolaan sampah di lingkungan mereka masing-masing. Beberapa ide inovatif seperti pembuatan kompos dari sisa makanan dan pengolahan sampah plastik menjadi produk bernilai ekonomi juga dibahas dalam sesi ini.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan seluruh civitas akademika Unhas semakin sadar dan berpartisipasi aktif dalam pengelolaan sampah.

dibaca : 342

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top