ikut bergabung

DPK Lutim Gelar Sosialisasi Pengembangan Layanan Perpustakaan Khusus Sekolah

Berita

DPK Lutim Gelar Sosialisasi Pengembangan Layanan Perpustakaan Khusus Sekolah

MALILI,UJUNGJARI.COM–Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Luwu Timur menggelar kegiatan Sosialisasi Pengembangan Layanan Perpustakaan Sekolah di Kantor DPK Lutim, depan Bundaran Batara Guru, Puncak Indah, Malili, Senin (08/07/2024).

Kegiatan tersebut dibuka Kepala DPK Lutim, Satri, dihadiri Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Sulsel, Drs. Ismail, dan perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lutim.

Adapun peserta yang hadir adalah kepala sekolah dan pengelola perpustakaannya, dengan jumlah seluruhnya sebanyak 46 peserta, mulai dari tingkat SD hingga SMA, baik Negeri maupun Swasta.

Baca Juga

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lutim, Satri mengungkapkan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada pengelola perpustakaan sekolah sesuai Standar Nasional Perpustakaan (SNP) yang telah ditetapkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

“Karena selama ini perpustakaan sekolah hanya berisikan bahan bacaan pelajaran dan layanannya hanya peminjaman dan baca ditempat, sehingga dibutuhkan inovasi agar dapat memberikan manfaat yang lebih baik siswa di sekolah,” ungkapnya.

Ia melanjutkan bahwa, sosialisasi ini juga merupakan tahap awal dari proses peningkatan kualitas pelayanan terhadap masyarakat khususnya bagi siswa dan guru disekolah.

“Kedepannya mereka akan diikutsertakan dalam lomba perpustakaan sekolah tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional,” jelas Satri.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Provinsi Sulawesi Selatan, Ismail mengapresiasi kegiatan ini karena menyatukan pemahaman pengelolaan perpustakaan yang baik oleh pengelola perpustakaan dan didukung oleh kepala sekolah.

Baca Juga :   Diduga Muatan Sarat, Truk Pemuat Kayu Terguling Bersamaan Amblasnya Jalan

Sementara Kepala Bidang Perpustakaan, Dinar Husnayaini Sapei Basir berharap agar sekolah yang dibina, dapat mengikuti akreditasi oleh Perpustakaan Nasional.

“Hal ini dapat membantu Indeks Peningkatan Literasi Masyarakat (IPLM) Kabupaten Luwu Timur,” tandas Dinar.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi sosialisasi oleh narasumber, diantaranya Kepala Bidang Perpustakaan, Dinar Husnayaini Sapei Basir, S.IP dan Pustakawan Madya, Jeniet, S.Kom.,MM.

Dari hasil pemaparan tersebut, akan ditindaklanjuti dengan pemantauan langsung ke sekolah-sekolah sesuai pembagian zonasi pembinaan yang telah ditetapkan oleh kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu Timur Tahun 2024 ini. (ksp)

dibaca : 157



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top